Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Detail BMW Seri 3 Baru

Kompas.com - 15/10/2011, 13:46 WIB

MUNICH, KOMPAS.com - Akhirnya BMW resmi meluncurkan produk baru Seri 3, kemarin (14/10) di Munich, Jerman. Bersamaan dengan itu, varian-varian perdana yang dihadirkan meliputi 320d, 320 EfficientDynamics, 328i dan 335i. Adapun produk susulan yang akan muncul Maret 2012 antara lain 318d, 330d, 325d dan 335d.

Eksterior

Sebagai kepala tim desain BMW, Adrian von Hooydonk, memberikan sentuhan variasi gaya yang sedikit berbeda dari 'keluarga' sebelumnya. Hal paling nyata hasil ubahan Hooydonk adalah bentuk bonet, porsi bagasi, lampu depan dan tentunya tarikan garis bodi samping.

Generasi keenam berkode F30 ini memiliki ubahan dimensi panjang 4.623 mm, yang berarti lebih panjang 93 mm dari produk sebelumnya. Lebar bodi kali ini agak mengecil 4 mm menjadi 1.811mm dan bertambah tinggi 9 mm (1.429 mm, sekarang). Perubahan tersebut tentunya berdampak pada jarak sumbu roda yang memanjang jadi 2.810 (+50 mm) dan jarak pijak depan 1.543 (+37 mm_), belakang 1.583 mm (+47 mm).

Interior

Menilik ke kabin, BMW memberikan ruang yang lapang, paling tidak dari produk sebelumnya. Hal tersebut ditandai dengan bertambahnya ruang kaki 15 mm dan ruang kepala 8 mm sebagai hasil terjadinya pemekaran dimensi.

Dari segi desain, sepertinya BMW ingin memberikan kemudahan untuk pengemudi dalam mengoperasikan beberapa fitur yang diatur apik dan sitematis pada iDrive yang terletak di konsol tengah. Semua informasi tersebut dan tambahan alat navigasi dapat dilihat pada monitor model 'free standing'.

Mesin
Seri 3 dikenal dengan performance dan tenaga yang mumpuni. Atas alasan tersebut maka perubahan dan pemilihan mesin sangat diperhatikan oleh produsen asal Jerman ini. Seperti penggunaan mesin diesel 2.0-liter yang sudah teruji performanya akan ditanam pada varian 320d.

Sedangkan untuk varian 328i, terdapat penggantian mesin yang kini menggunakan twin-scroll turbo lengkap dengan teknologi piezo-valve direct injection, Valvetronic variable dan double Vanos. Hasilnya, jantung pacu mampu menyemburkan tenaga maksimum 242 HP.

Kaki - Kaki
Untuk memberikan rasa mengemudi yang mantap, Seri 3 terbaru ini memiliki sistem suspensi double wishbone di bagian depan dan multi-link sektor belakang yang dilengkapi dengan variable damping control.

Untuk lingkar roda beberapa varian memiliki ukuran berbeda mulai dari 16, 17, 18 inci hingga 19 inci untuk varian M. Seri 3 ini akan bersaing di pasar global sama Audi A4, Mercedes-Benz C-Class dan Volvo S60.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com