Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran All New Avanza 2012 Terancam Mundur?

Kompas.com - 13/10/2011, 18:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Toyota Indonesia agak cemas sehubungan banjir yang menerjang Thailand. Pasalnya, bencana alam itu ditakutkan bisa mengganggu proses produksi All New Avanza 2012. Lho, apa hubungannya? Bukankah mobil "sejuta umat" itu sudah dirakit di dalam negeri?

Jelas ada hubungannya. Sebab, Indonesia masih mengimpor komponen tertentu dari Negeri Gajah Putih. Meski persentasenya kecil, tetapi barang yang didatangkan tergolong vital.

Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Kompas.com, Rabu (12/10/2011) kemarin, mengatakan, banjir yang terjadi di Thailand pasti akan mengganggu pasokan unit CBU ke Indonesia. Gangguan juga berpotensi meluas ke sejumlah komponen yang dipasok ke industri dalam negeri.

"Waswas juga kalau melihat banjir yang terjadi di Thailand. Bisa-bisa mengganggu pasokan unit yang masuk ke Toyota nantinya." ujar Joko Trisanyoto. Pihaknya masih mencari tahu pasokan apa yang terganggu akibat banjir. "Kita juga belum tahu seberapa besar gangguan yang dialami Daihatsu," tandas Joko.

Kenapa Joko menyebut Daihatsu? Sebab, mulai 2011 produksi Avanza kembali sepenuhnya dilakukan di PT Astra Daihatsu Motor. Sebelumnya, antara 2009 dan 2010, pembuatan Avanza sempat dialihkan ke PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) guna mendongkrak penjualan. 

Kabarnya, Toyota akan meluncurkan All New Avanza 2012 pada bulan depan. Dengan peristiwa banjir yang dialami Thailand, bukan tidak mungkin seremoninya tertunda. Sebab, seusai peluncuran, bisa saja Toyota tidak lancar memenuhi permintaan pasar yang meledak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com