Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GS Yuasa dan Mitsubishi Berkolaborasi Bangun Pabrik Baterai Li-ion Baru

Kompas.com - 06/10/2011, 19:47 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - GS Yuasa Corporation, Mitsubishi Corp. dan Mitsubishi Motors Corp. bekerja sama membangun pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksi baterai lithium ion battery.

Lithium Energy Japan - nama perusahaan pantungan tersebut - ditargetkan memproduksi 4,4 juta baterai untuk 50.000 unit mobil listrik. Pabrik tersebut dibangun pada lahan 4,4 hektar di Ritto, Prefektur Shiga. Bangunan menghabiskan dana 20 - 30 miliar yen atau sekitar Rp 2,4 - 3,6 triliun. Rencananya, pabrik mulai dibangun pada  musim semi tahun depan dan beroperasi pada 2014.

Saat ini Lithium Energy Japan masih mengandalkan pabrik kecil yang berada di Kusatsu, Prefekur Shiga dan Kyoto. Pabrik tersebut hanya mampu memasok baterai untuk 18.000 unit mobil listrik. Karena permintaan meningkat, sambil menunggu pembangunan pabrik baru, produksi digenjot untuk 70.000 unit moibl listrik. Nantinya akan bisa  memasok untuk 120.000 mobil listrik.

Saat ini Lithium Energy Japan menyuplai baterai untuk Mitsubishi Motors dan PSA Peugeot Citroen Group (ketiganya menggunakan mobil listrik yang sama, yaitu iMiEV). Dengan pabrik baru ini, nantinya juga bisa memasok ke  produsen mobil lain, baik dari  Jepang maupun  Eropa,  khususnya mobil listrik dan hibrida plug-in.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com