Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Motor Asah Kemampuan Instruktur "Safety Riding"

Kompas.com - 30/09/2011, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertumbuhan penjualan sepeda motor di Indonesia berbanding lurus dengan jumlah kecelakaan yang ada di jalan. Karenanya, PT Astra Honda Motor (AHM) mengasah kemampuan para instruktur safety riding dan bikers dalam Astra Honda Safety Riding Instructor Competition (AHSRIC) yang digelar di lapangan Maguwoharjo, Yogyakarta, 29 September-1 Oktober 2011.

Anggono Iriawan, Safety Riding & Motor Sport Manager AHM, mengatakan, kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun sebagai bukti komitmen dan partisipasi Honda dalam kampanye keselamatan berkendara di Tanah Air. "Ini semacam kalibrasi teknik instruktur safety riding Honda di seluruh Indonesia dan upaya menularkan budaya safety riding kepada bikers. Makannya, kami ajak juga anak-anak dari klub Honda," beber Anggono di Yogyakarta, Jumat (30/9/2011).

Peserta mencapai total 94 orang dan dibagi dalam dua bagian. Kelompok pertama terdiri dari para istruktur safety riding asal dealer Honda dari seluruh Indonesia yang berjumlah 48 orang. Kelompok kedua perwakilan dari komunitas dan klub Honda dengan total 46 orang. Dari tiap kelompok dipilih tiga besar terbaik. Pemenang pertama meraih hadiah sebuah New Honda Blade. Khusus pemenang dari instruktur memperoleh kesempatan mengikuti ajang serupa di Jepang.

4 rintangan

Untuk menentukan pemenang, peserta harus bisa melewati empat rintangan. Keempatnya berupa Breaking (teknik pengereman), Narrow Plank (kecepatan yang ekstra pelan dengan tetap menjaga postur berkendara), Slalom Phylon (keterampilan berkendara dan pengendalian setang kemudi menggunakan akselerasi yang benar), dan Slalom Course (keterampilan pengendaraan dan pengendalian setang kemudi dengan posisi berkendara yang benar).

Bambang Riyanto, salah satu instruktur yang mewakili HSO-Semarang mengaku senang bisa ikut ambil bagian dalam acara ini. "Untuk masuk dalam kompetisi ini saja harus diseleksi dulu di tiap-tiap daerah. Jadi, sebuah kebanggaan bisa bersaing dengan teman dari daerah lain," ungkap Bambang.

Wahid, anggota Djogjakarta Riders Association City Sport yang juga peserta dari kelompok bikers bertekad menularkan budaya safety riding kepada rekan-rekannya. "Dengan ikutan ini, anggota yang lain jadi terpacu sehingga mereka mau belajar bagaimana safety riding yang benar. Ini positif sekali," kata Wahid.

Melalui kegiatan AHSRIC, pihak Honda, seperti diutarakan GM Marketing Planning and Analysis AHM Agustinus Indraputra, berharap bisa meningkatkan kompetensi para instruktur Safety Riding Honda dan penyuluh safety riding komunitas Honda. "Mudah-mudahan kompetisi ini melahirkan agen-agen dalam memberikan edukasi keselamatan berkendara di setiap wilayah jaringan Honda," tutup Agustinus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com