Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seru! Balap Motor Yamaha Malam Hari

Kompas.com - 25/09/2011, 21:59 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Ternyata, tak cuma MotoGP atau F1 bisa digelar malam hari. Event final "Yamaha Cup Race" seri 3 Region 2 (Jawa) sekalgus sebagai seri ke12 nasional berhasil dilaksanakan malam hari oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Lomba mengambil lokasi di Lapangan Gasibu, Bandung, Sabtu (25/9) malam dan berakhir sukses dengan mencatatkan rekor tertinggi 17.000 penonton dibandingkan sebelumnya hanya 8.000an.

Saeful Anwar, Supervisor Marketing Communication & Community Management YMKI mengatakan, disiapkan lampu 6.400 watt untuk menerangi sirkuit buatan sepanjang 950 meter, dibagi dalam 40 titik. "Pebalap dituntut konsentrasi dan upaya lebih besar dalam seri kali ini," ujar Saeful yang juga Kordinator OMR Yamaha.

Tedy Golsom, mantan pebalap dan sekaligus Ketua Biro Roda Dua Ikatan Motor Indonesia Provinsi Jawa Barat menambahkan, final OMR kali ini unik karena belum pernah dilakukan malam hari. "Konsentrasi lebih, settingan mesin dan stamina pembalap diuji pada final malam ini," jelas Tedy. IMI berharap ajang ini bisa "menantang" balap liar yang biasa dilakukan malam hari. "Daripada di jalan, membahayakan keselamatan, mending ikut yang resmi," jelas Tedy.

Pebalap Hendriansyah asal Yogyakarta dan M Zaky dari Bandung mengaku mendapat tantangan lebih mengikuti final YRC kali ini. "Titik pengeremannya jadi sulit ditebak, konsentrasi penuh dituntut pada balapan malam ini," ujar Zaky.

"Lebih enjoy balap malam, karena ini hal baru. Tapi, balap malam jangan sekedar buat ajang promosi, perlu dmaksimalkan lagi persiapannya," kritik Hendry.

Hasil Balap

YCR melombakan 8 kelas termasuk eksebisi kelas Xeon Standard Showroom yang diikuti 12 pebalap kawakan seperti. Hokky Krisdianto, Asep Kancil dan Adi Bontot. Pembalap utama Bandung, Asep Kancil Maulana hanya menempati peringkat ketiga kelas Xeon Standard Showroom.

Kelas utama MP1 (Bebek 4Tak Tune Up 125 cc Seeded) dikuasai pembalap asal Yogyakarta, Hendriansyah. Diikuti Anggi Permana Putra dan Diaz Kumoro Djati.

Di kelas MP2 (Bebek 4Tak Tune Up 115 cc Seeded), Hendriansyah menduduki peringkat ketiga. Posisi pertama dan kedua diambil Denny Triyugo dan Diaz Kumoro Djati. Sedangkan kelas MP3 (Bebek 4Tak 125 cc Pemula) dan MP4 (Bebek 4Tak 115 cc Pemula) digenggam M Zaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com