Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Podium di Singapura Vettel Juara Dunia, Asal...

Kompas.com - 22/09/2011, 17:06 WIB

MARINA BAY, KOMPAS.com - Gelar juara dunia yang kedua bagi Sebastian Vettel ditentukan di Singapura, Minggu (25/9). Targetnya, naik podium, siapa pun pemenangnya, pebalap andalan tim Red Bull Racing (RBR) asal Jerman itu sudah pasti menyandang juara dunia F1 2011.

Karena, dengan mengantongi total 284 angka sampai 14 seri, Vettel sudah unggul 112 angka dari peringkat kedua yang diduduki Fernando Alonso dan terpaut 117 angka sama rekan setim Mark Webber dan Jenson Button. Sementara sisa balapan masih 5 seri (minus F1 Singapura) dengan total perebutan nilai 125 angka.

Nah, bila Vettel finish ketiga dengan tambahan 15 angka, berarti totalnya 299. Jika pemenangnya Hamilton dan kedua Felipe Massa, maka ia dipastikan juara dunia. Lebih pasti lagi, jika Vettel finish pertama.

Memang, peluang Alonso, Button dan Webber merampas gelar mahkota yang sudah dalam genggaman Vettel sanngat tipis. Dengan terus finish kelima di sisa lima seri, Vettel sudah bisa menggondol juara. Tapi, dengan performa mobil dan kehebatannya, tidak sulit masuk lima besar di setiap seri.

Pimpinan tim RBR Christian Horner mengatakan kepada Times, meski Vettel sudah unggul, ia tetap tampil "all out" dan merebut kemenangan. "Bukan tipikalnya untuk tampil santai atau mundur. Jika sampai Anda melakukannya, saat itulah Anda mulai membuat kesalahan. Makanya, pekan ini kami coba mengambil kedua atau ketiga," tegas Horner.

Diakuinya, Vettel telah berkembang sebagai pebalap dan anak muda. Tahun ini, pengalaman berlombanya lebih baik dan banyak belajar dari tahun-tahun sebelumnya. "Mempertahankan gelar jauh lebih sulit. Tapi, Sebastin banyak belajar dari kemenangan tahun lalu."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com