Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil Global 2011: 65 juta dan 2020: 90 juta unit

Kompas.com - 16/09/2011, 21:03 WIB

FRANKFURT, KOMPAS.com - Frankfurt Motor Show atau Internationale Automobil Austellung (IAA) yang diselenggarakan sekali dua tahun adalah pameran mobil kebanggaan Jerman. Pameran ini, kini hanya dikhususkan untuk kendaraan penumpang. Tahun ini merupakan yang ke-64

Kebesaran IAA bisa disimak dari data yang dibeberkan oleh Matthias Wissmann, President of the German Association of the Automotie Industry (VDA), semacam GAIKINDO di Indonesia.

800.000 Pengunjung
“IAA adalah gambaran kemampuan industri otomotif yang terus melakukan pembaruan dan inovasi. Lebih dari 1.000 peserta memamerkan produknya di lahan dengan luas setara 33 lapangan bola. Jumlah mobil yang diperlihatkan ke publik pertama kalinya (premiere)  183 model. Diharapkan, pameran akan dikunjung 800.000 pengunjung plus 11.000 wartawan dari 90 negara yang melaporkan, pameran paling hebat di dunia. IAA adalah ‘bola kristal industri’.Di sini orang dapat menyaksikan - terkonsentrasi - mobil masa kini dan mendatang,” beber Wissmann, saat menyampaikan sambutan ketika membuka  IIA secara remsi di Frankfurt am Main kemarin (15/9/2011).

IAA ke-64 baru dibuka untuk umum besok. Dua hari pertama, 13 dan 14 September khusus untuk media. Kemarin dan hari ini, khusus untuk dagang. lai pameran otomoti Jerman ini semakin tinggi lagi nilainya, karena dibuka secara resmi oleh Kanselir Jerman, Dr Angela Merkel. IAA ke-64, juga dihadiri sejumlah tokoh politik, bisnis dan kemasyarakatan.

Slogan  IAA tahun ini adalah ”Future comes as sandard”. Menurut Wissmann, itu menjelaskan bahwa Jerman memimpin perdagangan dan industri otomotif, termasuk kendaraan konsep dan yang akan diluncurkan.

Makin Irit
Dijelaskan, dalam lima tahun terakhir, industri otomotif Jerman telah melakukan investasi 100 miliar euro untuk melakukan berbagai pengembangan teknologi dan produk otomotif. Pada 2010, telah digunakan 3.000 lebih paten di Jerman.

“Untuk melihat hasil kreativitas tersebut, anda tidak perlu mengunjungi kantor hak patent. Cukup mengunjungi  IAA. Inovasi sebagian besar berasal dari perusahaan pemasok komponen," tambahnya.

Diakui, keberhasilan industri otomotif Jerman tidak lepas dari dukungan pemerintah Jerman. Setelah krisis 2008 dan 2009, tenaga kerja di sektor otomotif kini mencapai 724.100 orang atau naik 18.000 prang dibandingkan tahun lalu (2010).

Diklaim pula, industri otomotif Jeman berhasil menurunkan CO2 atau karbondioksida. Empat tahun lalu masih 170 gram/km, saat ini menjadi 145 g/km. Konsumsi bahan bakar juga bisa ditekan menjadi 5,9 liter untuk setiap 100 km atau 16,9 km/liter

“Di Frankfurt ini, kita memperlihatkan diet CO2 di masa yang akan datang dan mengoptimalkan kinerja motor bakar, mobil hibrida, kendaraan plug-in dan range extender, plus mobil  listrik 100 persen mengandalkan energi dari baterai dan sel bahan bakar,” bebernya.

Ditegaskannya, saat industri otomotif belum sepenuhnya bebas dari krisis keuangan dunia. Namun diperkirakannya, 2011 adalah titik balik atau pemulihan industri otomotif. “Pasar global akan terus berkembang dengan penjualan mobil akan mencapai 65 juta tahun ini. Artinya 10 juta lebih banyak dari tahun lalu. Berarti, tahun ini merupakan rekor baru dalam penjualan mobil dunia. Diperkirakan, pada 2020, penjualan mobil penumpang di dunia akan mencapai 90 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com