Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maserati Pun Terjun ke Pasar SUV

Kompas.com - 14/09/2011, 22:40 WIB

FRANKFURT, KOMPAS.com - Lama dikenal sebagai produsen mobil-mobil sport eksotis, pabrikan mobil asal Italia, Maserati, akhirnya tak tahan dengan godaan pasar dan mengikuti produsen mobil mewah lain di Eropa untuk memproduksi mobil jenis SUV (sport utility vehicle).

SUV pertama Maserati, yang dinamakan Maserati Kubang, diperkenalkan di ajang Frankfurt International Motor Show 2011 di Frankfurt, Jerman, pekan ini. Model terbaru itu akan mulai diproduksi pada tahun 2013, dan akan melengkapi produk-produk Maserati saat ini, yang antara lain terdiri atas mobil sport dua pintu Maserati GranTurismo dan sedan mewah Maserati Quattroporte.

CEO Maserati, Harald Wester, mengatakan, pabrikan Italia tersebut memasang target produksi 20.000 Kubang per tahun, sebagai bagian dari ambisi menaikkan angka penjualan Maserati, dari 6.400 unit pada tahun 2010 menjadi 40.000 unit pada tahun 2014.

Langkah Maserati ini menyusul beberapa pabrikan mobil mewah lain di Eropa, seperti BMW, Audi, dan Porsche, yang lebih dulu terjun ke pasar SUV dengan BMW X-series, Audi Q-series dan Porsche Cayenne.

Menurut rencana, Maserati Kubang akan diproduksi di pabrik perakitan Jefferson North milik Chrysler di Michigan, AS. Di pabrik ini, Chrysler juga memproduksi dua mobil SUV larisnya, yakni Jeep Grand Cherokee dan Dodge Durango.

Bahkan, Kubang akan menggunakan berbagai komponen dari Jeep, meski mobil tersebut akan mempertahankan "rasa Italia"-nya dengan menggunakan mesin Ferrari V8 berkapasitas 4.700 cc dan transmisi delapan percepatan rancangan Maserati sendiri.

Kerja sama ini dimungkinkan, karena kelompok bisnis otomotif Fiat dari Italia, yang memiliki Maserati dan Ferrari, telah mengakuisisi mayoritas saham Chrysler, pabrikan mobil asal AS yang sempat bangkrut diterpa badai krisis keuangan tahun 2009.

"Tanpa kerja sama Chrysler, proyek ini akan sangat sulit diwujudkan, bukan dari sisi teknis, tetapi dalam konteks prospek bisnis yang layak dan bisa berkelanjutan," tandas Wester kepada Associated Press (AP), Rabu (14/9/2011).

Konsep Maserati Kubang sebenarnya pernah ditampilkan Maserati pada 2003, tetapi waktu itu tidak pernah diwujudkan dalam produksi massal. Wester berharap Kubang akan memberi kejutan kepada pasar SUV.

"Saya berharap SUV ini menjadi sejenis produk yang akan mengejutkan proyeksi internal kami sendiri. Mimpi personal saya adalah, pada tahun 2015 kami akan tampil di Geneva (Motor Show) dan memaparkan penjualan Maserati pada 2014 telah mencapai 40.000 unit," papar Wester. (AP/CNN Money/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com