Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ertiga Nama Global untuk Suzuki R3

Kompas.com - 05/09/2011, 08:27 WIB

PUNE, KOMPAS.com - Akhir Agustus 2011, seorang sumber dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membocorkan nama global multi purpose vehicle (MPV) 7-penumpang RIII yang bakal dipasarkan di Indonesia. menurut sumber tadi, Maruti Suzuki di India menggunakan nama Ertiga.

Nama Ertiga kalau ditilik dari kamus besar bahasa Inggris keluaran Oxford tak punya arti apapun. Tapi dari Bahasa Indonesia, kata ini merupakan lafal dari RIII (baca: Er-Tiga). Entah benar atau tidak, kepastian ini diperlihatkan dari emblem yang menempel pada bodi mobil, seperti dikutip Autocar India.

Dari gambar yang sudah beredar di internet, tampang Ertiga kolaborasi dari Swift dan Splash yang dipasarkan di Indonesia. Tentu, dimensi lebih besar MPV.

Suzuki juga membekali Ertiga dengan mesin baru berkode K14 bertenaga 95 BHP dan torsi 128 Nm. Di India, selain menyiapkan varian bensin, juga ada versi diesel berkekuatan 89 BHP dan torsi 200 Nm. Sedangkan bandrol diestimasi sekitar 6,99 lakhs atau Rp130,3 juta. Informasi ini juga selaras dengan recana Suzuki menantang produk terlaris di Indonesia Toyota Avanza yang dilepas Rp150 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com