Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evos Bergaya GT Klasik dan Gullwing Depan-Belakang (Bagian 2)

Kompas.com - 03/09/2011, 15:06 WIB

Hibrida Powersplit
Tenaga hibrida yang digunakan Evos sama dengan  Ford C-Max Energi yang  dipasarkan di Amerika Utara pada tahun depan dan Eropa  pada 2013, yaitu hibrida “powersplit”. Dengan konsep ini, motorl listrik dan mesin bensin bisa bekerja secara bersamaan atau sendiri-sendiri untuk memaksimalkan efisiensi. Jadi, mobil bisa melaju hanya dengan energi listrik atau mesin bensin sembari mengisi baterai secara terus-menerus.

Ditambahkan, dengan sistem konekvitas awan, efisiensi bisa ditingkatkan. Pasalnya mobil bisa memilih kombinasi optimum dari mode tenaga pada setiap perjalanan.Kepintaran lain mobil ini, bisa mempelajari sejarah kebiasaan pengemudi. Dengan cara ini pula, dapat memberi saran kepada pengemudi untuk memilih yang lebih baik ke tempat tujuan.

Di masa mendatang, mobil ini juga bisa mengetahui rute yang dilarang atau jalur atau daerah khusus untuk kendaraan tertentu. Misalnya jalur atau jalan khusus untuk mobil listrik.

Konsep jalur khusus telah diwancanakan di berbagai negara. Perancis misalnya, mempertimbangkan zona yang hanya boleh dilalui  untuk kendaraan beremisi rendah. Begitu juga dengan kota seperti London, Berlin dan Stockholm.

Ford  mengklaim, teknologi PHEV yang ditanamkan paa Evos lebih unggul ketimbang mobil listrik “Extender Range”. Pasalnya sekali isi tangki bensin dan baterai secara penuh, bisa untuk menempuh jarak  800 km. 

Fastback Moderen
“Melalui Evos, kami memberi pesan jelas bahwa konsep desain Ford adalah mobil yang mantap dikebut dengan penampilan menarik dan sosok bodi yang indah,” beber J Mays, Wakil Presiden dan Kepala Kreatif Ford Motor Company tentang mobil konsep terbaru Ford ini.

Dijelaskan, bahasa desain Ford baru pada Evos adalah konsep desain fastback dengan  sentuhan profil baru yang proporsional dan inovatif. “Ini interpretasi baru untuk penampilan fastback moderen,” tambah Mays.

Untuk dimensi, Evos, termasuk  mobil kompak  dengan karakter penampilan sporty yang kuat. Bagian depannya (kap mesin) diberi sedikit jambul, kaca depan membulat dan pilar A yang menciptakan penampilan GT klasik.

Hasilnya, dengan pintu depan dan belakang membuka seperti sayap burung camar, pengemudi dan penumpang dapat masuk ke kabin lebih leluasa pada mobil berdimensi: panjang 4,50m, lebar 1,97m, tinggi 1,36m, jarak sumbu roda 2,74mm ini! (Habis)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com