Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evos, Si Jambul dengan Konekvitas Awan dari Ford (Bagian 1)

Kompas.com - 03/09/2011, 15:03 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Pada Frankfurt Motor Show ke-64 atau di Jerman lebih dikenal dengan Internationale Automobil Austellung (IAA) yang diselenggarakan mulai pertengahan September ini, Ford akan menampilkan konsep mobil hibrida yang sangat menarik dengan nama Evos. Menurut Ford, Evos Concept adalah bahasa desain global pertama perusahaan.

GT Klasik & Gullwing
Melihat penampilan Evos Concept, mirip dengan mobil GT klasik dua pintu. Kenyataannya, Evos adalah mobil berdesain fastback (bagian belakang landai)empat pintu dan empat tempat duduk. Ya... mirip dengan format sedan! Ford menyebutnya sebagai konsep atau visi desain baru. Diakui, penampilan Evos makin menarik dan inovatif karena keempat pintu, membuka seperti sayap burung camar (gullwing).  

Untuk penggerak, Ford diandalkan teknologi hibrida plug-in (PHEV) dengan sumber energi baterai lithium-ion dan mesin bensin (tidak disebutkan kapasitas dan kemampuannya). Selanjutnya, mobil ini dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang memberikan pengalaman baru bagi sang pengemudi.

“Evos menyatukan tiga elemen kunci yang menjadi inti strategi One Ford global: desain sangat menarik, teknologi pintar dan konsumsi bahan bakar yang irit,” jelas  Derrick Kuzak, Wakil Presiden Pegembangan Produk Global Ford. Ditambahkan, konsep Evos belum pernah terlihat di jalan dan akan menjadi patokan produk generasi mendatang Ford untuk model yang dipasarkan di seluruh dunia.  

Konektivitas Awan
Dijelaskan pula, Evos  mampu menciptakan pengalaman pribadi baru bagi setiap pengemudinya. Pasalnya, mobil ini disertai dengan teknologi konektivitas awan (cloud). “Namun demikian, mobil ini tidak akan menjadi smartphone. Faktor keselamatan tetap menjadi perhatian utama kami saat mobil digunakan,” tegas Kuzak.

Dikatakan, teknologi konektivitas “awan” diserti pada mobil ini untuk memenuhi kebutuhan dan kebiasaan pengemudinya. Untuk itu, para periset Ford belajar memahami kebutuhan dan kebiasaan orang mengemudi. Selanjutnya, mobil ini akan menggabungkan informasi pribadi  dengan data tambahan dari konektivitas awan, antara lain jadwal kerja pengemudi dan kondisi lalu lintas dan cuaca lokal.

“Kami terus meriset sejauh mana mobil ini dapat  memberi refrensi kepada pengemudinya sehingga bisa bekerja makin gampang,” kata Paul Mascarenas, Kepala Teknik dan Wakil Presiden Ford Riset dan Inovasi. “Mobil ini memperoleh informasi dari pengemudi dan bekerja sebagai asisten pribadi untuk mengontrol tugas rutin sehari-hari,” tambahnya.

Diterangkan, Evos menyatukan gaya hidup pemiliknya ketika berada di rumah, di kantor dan saat mengemudikannya. Semua itu bisa diperoleh berkat teknologi konektivitas awan.  Dengan ini pula, mobil bisa mengenal pengemudinya dan secara otomatis menyesuaikan diri. Khususnya untuk pengontrolan  setir dan mesin sehingga mobil bisa bisa dikemudikan secara dinamis.

Evos juga bisa memainkan musik atau program berita secara otomatis. Termasuk  memanaskan atau mendinginkan interior sesuai dengan suhu ideal sebelum pengemudi masuk ke dalamnya. Dengan menggunakan sistem komunikasi nirkabel ke peranti di rumah, mobil ini juga bisa menutup pintu garasi dan mematikan lampu secara otomatis saat bertolak.

Pantau Kesehatan
Menurut Ford para ahli mereka sudah meriset dan terus mengembangkan teknologi yang dapat mengetahui kesehatan pengemudi, seperti memantau detak jantung dan interior yang tidak menimbulkan alergi. Dengan hubungan langsung ke awan, Evos memantau kondisi fisik dan beban kerja pengemudi sesuai dengan pengalamannya.

“Riset dan teknologi kesehatan kami kini fokus mengembangkan sistem yang bisa  memperhatikan kesehatan pengemudi. Tujuannya, agar pengemudi dapat mengemudikan mobil secara fokus sesuai dengan berbagai situasi dan kondisi. Pasalnya, nanti pengemudi mobil di seluruh dunia lebih banyak menghabiskan waktu di belakang setir. Dengan cara ini pula, bisa mengurangi rasastress mereka,” lanjut Mascarenas.

Untuk itu, Evos Concept akan dilengkapi dengan sensor kualitas udara dan sistem saringan buat penderita alergi. Mobil ini akan memberikan data kualitas udara dan membuat  usul proaktif, yaitu rute lebih sehat untuk sampai ke tujuan.

Pada situasi dinamis, penampilan panel instrumen disederhanakan. Informasi yang ditayangkan hanya yang diperlukan. Smartphone akan diubah  menjadi mode “Do Not Disturb” sehingga pengemudi dapat fokus ke jalan. (Bersambung)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com