Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Menang Lagi di Belgia, Hamilton Kecelakaan

Kompas.com - 28/08/2011, 20:30 WIB

SPA-FRANCORCHAMPS, KOMPAS.com — Red Bull Racing menunjukkan superioritasnya di F1 Belgia, Minggu (28/8/2011). Di Sirkuit Spa-Francorchamps berjarak 7,004 km itu, kedua mobil Red Bull berhasil finis 1-2. Namun, pahlawan dari tim RBR adalah Sebastian Vettel, yang menorehkan kemenangan ketujuhnya pada musim ini.

Pebalap Jerman ini sangat mudah memenangkan GP F1 seri ke-12 yang menempuh 44 lap. Ia didukung oleh RB7 yang begitu kencang sehingga dapat dengan mudah menyalip lawannya. Mendapat tambahan 25 angka memantapkan posisi teratasnya dengan total 259 angka.

Tempat kedua direbut oleh rekan setimnya, Mark Webber. Meski agak jelek saat start, ia dapat menjalankan tugas dengan baik. Bahkan, Alonso yang menduduki urutan kedua dapat dilibasnya pada lap ke-37 dan membuat ia tetap di posisi kedua dalam peringkat teratas sementara.

Selain Vettel, Jenson Button juga tampil luar biasa cemerlang. Sempat terpental di barisan tengah, pebalap Inggris itu mampu naik podium ketiga dengan menyalip Alonso di lap 42. Keberhasilan Button ini sekaligus menyelamatkan McLaren dari cara balap yang agresif oleh Hamilton.

Hamilton kecelakaan
Jelang start sampai pemanasan lap, langit agak mendung. Meski demikian, lintasan kering dan semua pebalap menggunakan ban kering (slick), terutama kompon lunak, agar bisa manuver di tikungan. Saat start, Nico Rosberg berhasil melibas Vettel selepas tikungan pertama. Alonsao juga melakukan start dengan baik bisa menyodok ke posisi kelima. Pada lap kedua, ia berhasil menggeser Hamilton di urutan keempat dan menempel di belakang rekan setimnya.

Yang disayangkan, Bruno Senna, yang untuk kali pertama bersama Renault, bersenggolan dengan Alguesuari di tikungan pertama. Ia harus masuk pit untuk ganti ban, dan perbaikan mobil membuat posisinya mundur ke-21.

Vettel dikepung oleh duo Ferrari. Pada lap ke-3 ia berhasil mengambil alih posisi pimpinan dari Rosberg. Sementara itu, Massa yang beberapa kali coba menyalip Rosberg di tikungan terus gagal. Akhirnya, justru Alonso yang dapat menyalip rekan setimnya di lap 5 dan diikuti Hamilton yang menyodok Massa.

Pada lap ke-4, Webber dan Button berbarengan masuk pit untuk ganti ban. Dua lap kemudian, giliran Vettel memasukkan mobil ke pit. Ketika kembali ke lintasan, posisinya mundur ke posisi ke-8.

Alonso pada balapan seri ke-12 ini menunjukkan superioritasnya. Dengan keberaniannya, ia dapat melibas Rosberg di lap ke-7. Satu lap kemudian, giliran Hamilton mengandalkan DRS dengan mudah melewati Rosberg.

Lagi-lagi Alonso mempertontonkan kehebatannya. Seusai masuk pit dan masuk lintasan, posisinya mundur ke posisi ke-9. Pada lap ke-10, ia dapat mendahului Webber, yang sebelumnya harus berjuang melewati Luizzi (Force India).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com