Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel "Sikat" Hamilton dan Start Terdepan

Kompas.com - 27/08/2011, 20:18 WIB

SPA-FRANCORCHAMPS, KOMPAS.com - Sebastian Vettel berhasil menempatkan dirinya starty paling depan dalam GP Belgia, Minggu (28/6). Pebalap Red Bull Racing itu, dalam sesi kualifikasi di sirkuit Spa Francorchamps mencatat waktu terbaik 1 menit 48.298 detik.

Catatan waktu terbaik Vettel itu diraihnya dalam masa injury time. Pemimpin klasemen sementara bersaing ketat sama Lewis Hamilton yang sampai sektor pertama masih yang tercepat. Namun vettel dapat menyelesaikan babak akhir dengan sempurna.

Dengan komposisi start Vettel-Hamilton di depan, GP F1 seri ke-12 bakal berlangsung seru. Apalagi di belakangnya membayang Mark Webber (Red Bull) yang didampingi Felipe Massa yang cukup agresif dalam start.

menariknya, kualifikasi ini berlangsung dengan cuaca yang buruk. Hujan telah banyak membuat pebalap mengalami kecelakaan. Mudah-mudahan, saat lomba esok, tidak hujan.

Kualifikasi 1 (Q1): SCHUMACHER KECELAKAAN

Selain diganggu hujan saat latihan resmi, dalam kualifikasi ini para pebalap harus ekstra hati-hati. Pasalnya, permukaan lintasan yang baru dikeluhkan agak licin.

Korban pertama dalam kualifikasi ini adalah Michael Schumacher saat kualifikasi baru berjalan satu menit. Pebalap Mercedes ini mengalami kecelakaan hebat di tikungan Rivage. Mobil meluncur kencang di sisi kanannya menghantam dinding pembatas dengan keras dan bendera kuning pun dikibarkan untuk menyingkirkan mobilnya.

Pada kualifikasi I ini Webber melejit paling cepat dengan waktu 2:06,872 di menit ke-7. Alonso coba mematahkannya, ternyata masih kalah cepat dan menghasilkan 2:07,762 detik. Sadar mendapat ancaman, Webber mampu mempertajam rekornya menjadi 2:04,481.

Di luar dugaan, Hamilton menggebrak dengan 2:04,240 detik. Hasil ini, selain membuat pebalap McLaren itu tercepat, sedikit membuat pebalap papan bawah harus kerja keras agar bisa meraih 107%.

Pada menit 15 hujan sempat berhenti dan Button melesat dengan waktu fantastiknya 2:01,813. Namun, tiga menit kemudian, gerimis hujan kembali membasahi lintasan. Kondisi ini membuat Schumacher tidak berhasil meraih waktu 107% dan start dari posisi ke-24, diikuti Ricciardo, Liuzzi dan D'Ambrosio. Kegagalan mereka dikarenakan mengalami kecelakaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com