Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW up! Bisa Mencegah Senggolan di Kota

Kompas.com - 24/08/2011, 15:52 WIB

WOLFSBURG, KOMPAS.com – Mobil kota yang akan diluncurkan Volkswagen (VW) pada Desember mendatang ini sangat menarik dari dalam berbagai hal. Pertama namanya.  VW menulis tanpa huruf besar di depan, dan di belakang ditambahi dengan kata seru sehingga menjadi up!

Sesumbar VW tentang mobil ini, up! menggambar ulang peta mobil kecil dunia. “Mobil ini dikembangkan dengan karisma, yaitu mobil kecil dengan ruang maksimum, pijakan minimum dan menjadi mobil kecil dengan konsumsi bahan bakar paling irit!,”  tulis VW tentang up!

Dimensi up! sangat kompak. Panjang 3,54 meter dan lebar 1,64 meter! Di Indonesia sama dengan Nissan March, Geely Panda, Chevrolet Spark, Hyundai i10, Suzuki Karimun Estilo atau Splash, Kia Picanto dan nanti akan menyusul Honda Brio dan Toyota Liva.Kendati demikian dengan kotak, overhang depan dan belakang yang sangat pendek, jarak sumbu roda up! bisa dibuat 2,42 meter.

Harga Terjangkau
Bagi VW, up! dirancang agar harganya terjangkau oleh kebanyakan konsumen. Aspek lain yang dipertimbangkan, agar bisa memenuhi kebutuhan berbagai pemiliknya, mobil kecil ini dirancang dengan bentuk kotak.  

VW juga berencana menciptakan konsep finansial untuk membiayai pembelian mobil ini yang disebutnya AutoCredit2. Pembeli akan ditawarkan berbagai kebebasan finansial dengan konfigurasi yang fleksibel pula!.  

Pada peluncuran pertama, Desember mendatang -  khusus untuk pasar Eropa - ditawarkan tiga versi dengan tiga anggaran dan kebutuhan berbeda. Paling standar atau entry level, disebut  take up!, berikutnya medium disebut move up! dan yang paling top adalah high up! Nantinya juga akan ditawarkan dua model berbeda berdasarkan high up!, yaitu up! hitam dan up! putih!.

BBG dan Listrik
Pada debutnya, up! akan ditawarkan dengan mesin bensin tiga silinder generasi terbaru. Tenaga yang dihasilkan ada dua:  44kW (60 PS) dan 55kW (75PS). Dengan menggunakan teknologi BlueMotion (sistem Stop/Start), konsumsi bahan bakar kombinasi mobil ini diklaim 4,2 liter/100 km atau 23,8 km/liter (untuk 60PS). Sedangkan untuk up! bertenaga lebih besar, konsumsi bahan bakarnya 23,2 km/liter (75PS). Keduanya menghasilkan emisi karbondioksida 100 g/km.

Nantinya, juga  akan ditawarkan mesin yang bisa menggunakan bahan bakar gas (BBG), bertenaga  50 kW (68 PS). Malah pada 2013,  up! akan menjadi mobil listrik!  

City Emergency Braking
VW juga mengklaim up! sebagai mobil kecil pertama di dunia yang dilengkapi dengan City Emergency Braking (CEB), teknologi pengaman baru. Fitur ini akan mengaktifkan rem secara otomatis ketika mobil melaju di bawah 30km/jam. Untuk ini, digunakan  sensor laser buat mendeteksi risiko kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Tergantung pada kecepatan mobil dan situasi mengemudi, CEB diklaim dapat mengurangi kecelakaan berat. Caranya, CEB mengintervensi rem untuk bekerja secara otomatik.  Menurut VW,  sampai saat ini, baru up! yang menggunakan fitur ini di segmennya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com