Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota New Fortuner Susuri Napak Tilas Marcopolo

Kompas.com - 18/08/2011, 12:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) turut mendukung perjalanan napak tilas Marcopolo dari Eropa ke Asia yang dilakukan 17 anak bangsa, dengan menyiapkan empat unit Grand New Fortuner. Para "penjelajah" ini dilepas bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan RI ke-66, kemarin (17/8) di kantor pusat Pertamina, Jakarta Pusat.

"Ekspedisi ini bertujuan menumbuhkan semangat nasionalisme sekaligus mempromosikan Indonesia ke dunia luar. Kami melihat semangat yang mendasari ekspedisi ini sejalan dengan semangat 40 tahun Toyota di Indonesia untuk endless journey of seeding the goodness, berkontribusi dan berbagi kebaikan bagi bangsa dan negara Indonesia," ujar Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan dalam keterangan resminya, (17/8).

Perjalanan yang dikemas dalam "Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011" diprakarsai oleh Young Pioneer (YEPE) dan Encompass Trust yang dilandasi semangat nasionalisme untuk mengulang sejarah kejayaan masa lalu Indonesia. Mereka akan melintasai dua benua (Asia dan Eropa) melalui 22 negara menempuh jarak 27.000 km dalam 90 hari, dimulai dari Jakarta dan berakhir di London.

Beberapa negara yang akan dilalui ekspedisi ini antara lain, Indonesia, Malaysia, Thailand, Laos, Vietnam, Cina, Kirgistan, Turkmenistan, Uzbekistan, Iran, Turki, Bulgaria, Serbia, Kroasia, Slovenia, Cekoslowakia, Austria, Belgia, Italia, Jerman, Perancis dan Inggris. Rombongan tiba di negara tujuan November 2012.

Dipilihnya jalur sutra  karena merupakan rute yang dilintas Marcopolo dalam perjalanan dari Eropa ke Asia. Ekspedisi bertujuan untuk mempromosikan budaya dan pariwisata sekaligus membangun citra bangsa Indonesia, membuka peluang kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan, serta menggelorakan kebanggaan dan nasionalisme bangsa Indonesia sebagai negara yang strategis dan penting dalam perdagangan jalur sutra.

"Kami bangga Fortuner bisa menemani perjalanan anak bangsa kali ini. Mudah-mudahan ekspedisi ini bisa menanamkan rasa nasionalisme dan menginspirasi seluruh elemen bangsa untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa dan negara ini," tutup Johnny .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com