Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata akan Bangun Pabrik di Indonesia

Kompas.com - 16/08/2011, 15:53 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com - Rumors keinginan Tata Motor masuk ke pasar otomotif nasional Indonesia semakin santer. Dikabarkan, produsen asal Negeri Sari itu bukan hanya sekadar menjual produknya di Indonesia, juga mendirikan pabrik perakitan.

Menurut situs lokal India, MotorBeam (15/8), selain Indonesia Tata juga mau mendirikan pabrik di kawasan Eropa Timur. Kedua fasiltas produksi baru tersebut, khusus memproduksi mobil ultra murah Nano. Tata juga dikabarkan membidik pasar  Brasil, Amerika Latin dan Asia Tenggara. 

"Kami sudah mulai menjual Nano di Sri Lanka dan Nepal. Kami juga mempelajari pendirian fasilitas perakitan, mungkin di Indonesia dan beberapa lokasi di kawasan Eropa timur. Target kami,  tumbuh bersama di negara itu," jelas Ratan Tata, Presiden Direktur Tata Motors. 

Kabar ini senada pernah  diucapkan Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Juli lalu yang mengatakan, Tata tengah melakukan penelitian mendalam di Indonesia. Selain itu, dikabarkan Tata memilih Indonesia ketimbang ekspansi pabrik di Thailand. Pasalnya,  insentif yang ditawarkan Indonesia lebih kompetitif. Tadinya, Tata diberitakan mau menambah kapasitas produksi pikap Xenon dan Ace, namun kemudian urung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com