Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren, Kia Picanto Tiga Pintu

Kompas.com - 16/08/2011, 13:53 WIB

INGGRIS, KOMPAS.com — Sejak Kia Picanto diperkenalkan ke pasar pada 2004, baru sekarang produsen mobil Korea itu memperkenalkan model tiga pintu (3d). Pernah tampil bersama model lima pintu (5d) di Geneva pada Maret lalu, Picanto 3d ini akan dipasarkan di Inggris mulai 1 September mendatang dengan dengan menyodorkan 4 varian yang dibanderol mulai dari terendah Rp 107 juta sampai yang tertinggi Rp 168,7 juta.

Dari keempat varian Picanto 3d itu, dua di antaranya Picanto 1 dan Picanto 1-Air yang memiliki fitur-fitur sama dengan 5d bermesin 1.0L. Sementara yang dua lagi, yakni Halo dan Equinox, betul-betul baru dengan dibekali jantung pacu 1.25L. Bahkan yang Halo sendiri ada dua varian lagi, yakni Halo Ecodynamics dan Halo Auto.

Kia menciptakan Picanto tiga pintu (3d) lantaran penjualan city car (di Eropa disebut segmen A) meningkat di seluruh dunia. Pasarnya diperkirakan akan tumbuh 2,4 juta unit pada 2014 dan meningkat lagi jadi 3,3 juta unit pada 2015. Dari jumlah yang terakhir itu, satu juta unit diserap mobil tiga pintu.

Perbedaan Picanto 3d dengan 5d tampak pada pintu depan yang baru, kemudian bumper, panel belakang, dan belakang kaca pilar A. Tampilan gril depan lebih besar dikombinasi dengan perak dan garis merah mengelilingi gril. Lalu, ujung knalpot dan desain pelek yang ringan.

Fitur standar yang terdapat pada semua model, di antaranya, jok dapat disetel tinggi-rendah, juga setir bisa naik turun (tilt-adjustable steering), CD player dengan kompatibilitas MP3, kontrol stabilitas elektronik (ESC), anti-lock brakes system (ABS), brake assist system (BAS), dan electronic brake-force distribution (EDB).

Khusus Picanto 1-Air mendapat air conditioning (AC). Sementara pada Halo dan Equinox punya kelebihan, yaitu ada USB dan colokan AUX, kabel iPod, kontrol audio di setir, konektivitas Bluetooth melalui pengenalan suara, lampu otomatis (saat jalan siang), lampu depan dan belakang LED, serta pelek ringan.

Masih ada lagi. Versi Halo memakai pelek 14 inci, kursi depan dilengkapi pemanas, ada sensor mundur, dan pedal yang ringan. Sedangkan Equinox, desain jok lebih premium, pelek 15 inci, AC otomatis, dan dilengkapi tombol start/stop.

Soal spesifikasi mesin, model Picanto 3d punya dua pilihan mesin bensin, yakni berkapasitas 1.0L tiga silinder mempunyai tenaga maksimum 68 bhp dengan torsi 95Nm. Mesin ini dipakai pada Picanto 1 dan 1-Air. Satu lagi, berkapasitas 1.25L empat silinder dengan tenaga maksimum 84 bhp dan torsi 121NM yang dipasang pada Halo dan Equinox.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com