Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Etios dan Liva Masuk Indonesia 2012

Kompas.com - 12/08/2011, 09:43 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Maret lalu, Kompas.com sempat menampilkan Toyota Liva sedang menjalani pengujian di jalan tol. Ternyata kendaraan hatchback termurah Toyota itu akan menambah portofolio PT Toyota Astra Motor tahun depan. Selain itu juga ada versi sedan Etios.

Menurut informasi yang diperoleh dari internal PT Toyota Astra Motor (TAM), kepastian Toyota meluncurkan sedan dan hatchback itu tinggal selangkah lagi. Proses studi Etios dan Liva di Indonesia sudah berlangsung sejak Maret 2011. Kini, TAM menunggu keputusan prinsipal untuk menawarkan kedua model yang sudah dipasarkan di India itu.

"Studi masih berlangsung, tiga kemungkinan. Produksi lokal, impor (dari India), atau batal," ujar sumber TAM yang tak mau disebutkan namanya, Kamis (11/8/2011).

Akio Toyoda

Masih menurut sumber tersebut, kepastian pemasaran Etios dan Liva di Indonesia akan diumumkan oleh bos utama Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda. Chief executive officer prinsipal itu kalau tak ada rintangan bakal berkunjung ke Jakarta, September 2011.

"Sebenarnya kedatangannya berkaitan dengan perayaan ulang tahun ke 40 Toyota di Indonesia. Tapi, kita harap ada komitmen investasi lagi, salah satunya informasi rencana produksi itu (Etios dan Liva) di Indonesia," kata sumber itu. Sayang, belum ada informasi tambahan terkait kapan kepastian peluncuran unit dilakukan—paling mungkin tahun depan—serta harga jualnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com