Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Tahun Legenda "Rando Kuruza"

Kompas.com - 04/08/2011, 14:49 WIB

KOMPAS.com - Toyota Hardtop sangat populer di Indonesia pada era 1970-an. Hardtop sendiri merupakan salah satu varian dari jenis jip yang dipunyai Toyota Motor Corporation dengan nama Land Cruiser (LC) yang dalam bahas Jepang disebut "Rando Kuruza". Tapi LC ini tak ada hubungan dengan merek mobil Studebaker Land Cuiser yang diproduksi di Amerika dari 1934 sampai 1954.

Nah, 1 Agustus lalu jip Land Cruiser genap 60 tahun keberadaannya. Lebih dari enam dekade, desain terus berubah dan berevolusi dengan konsistensi tanpa menghilangkan nilai inti sebagai mobil gerak empat roda memiliki keunggulan sampai kini. Reputasi lain yang telah dipertunjukkan dengan menjelajah medan di Kutub Utara dan Antartika serta mengarungi "lautan" padang pasir.

 

Perang Korea Generasi pertama jip Toyota  mulai diproduksi 1954. Prototipenya sendiri dikembangkan mulai Januari 1951 sehubungan dengan pecahnya perang Korea pada 1950. Sehingga datang pesanan dari Amerika sebanyak 100 unit yang minta kendaraan militer ringan berspesifikasi  Jeep Willys, atau seperti jip Inggris Land Rover yang juga banyak dipakai.

Hanya dimensi jip yang diproduksi Toyota dengan kode "BJ" lebih besar dari Jeep asli Amerika itu. Tenaganya pun lebih besar karena dibekali mesin bensin tipe B berkapasitas 3.4L 6 silinder OHV. Tenaga yang dihasilkan 85 HP pada 3.600 rpm dengan torsi 215NM pada 1.600 rpm.

Pengujian pertama terhadap Toyota BJ berlangsung Juli 1951 oleh penguji dari Toyota, Ichiro Taira. Menariknya, saat berlangsung tes diawasi oleh Badan Kepolisian Nasional (NPA) Jepang. Baru dua tahun kemudian jip diproduksi di pabrik Honsya, sedang bodi dan pengecetan dilakukan di Arakawa Bankin Kogyo KK yang sekarang menjadi ARACO.

Direktur Teknis Toyota menciptakan nama  "Land Cruiser"  (bahasa Jepangnya Rando Kuruza) untuk jip Toyota  dan dipakai sampai sekarang. Tadinya, nama itu hanya ditujukan untuk konsumen lain pada kendaran heavy duty.

Generasi kedua LC diperkenalkan pada 1955 dengan varian Series 20. Tetap dengan mesin 6 silinder, hanya kapasitas lebih besar, yakni 3.900 cc tipe F dengan transmisi 3-percepatan.

Tiga tahun kemudian, lahir station wagon pertama Land Cruiser dengan kode FJ35V (wagon dan van), diikuti FJ25 sebagai produk pertama yang dibuat di luar Jepang, yakni Brasil. Sedang ekspor pertama dilakukan ke Australia pada 1957 berupa sasis, sementara bodi dibikin di negeri kanguru.

Masuk 1960, Series 20 ditingkatkan jadi Series 40 atau FJ40 yang secara mekanis mempunyai tenaga 125 HP, Berbagai model terus digulirkan FJ40 sampai 1980. Generasi berikut LC, yakni FJ60 diproduksi mulai 1980 sampai 1990 yang sudah pakai AC.

Penjualannya sudah mencapai 1 juta unit pada 1981 yang bersamaan dengan itu diperkenalkan di Afrika dengan ikut berkompetisi di event Desert Race 1000 km.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com