Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Indonesia dan UI Bekerja Sama Memberikan Beasiswa Ristek

Kompas.com - 03/08/2011, 18:48 WIB

DEPOK, KOMPAS.com- BMW Indonesia dan Universitas Indonesia (UI) hari ini menandatangani kesepakatan kerja sama program beasiswa riset dan teknologi (Research and Technology Scholarship) di kampus Hijau UI, Depok. Kesepakatan ditandatangani langsung oleh Rektor UI, Prof.Dr.der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri dan Presiden Direktur BMW Indonesia, Ramesh Divyanathan.

Lima mahasiswa S-2
“Program ini memberi dukungan beasiswa penuh kepada lima mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia yang berprestasi,”jelas Ramesh selesai menandatangai kesepakatan. Kelima mahasiswa yang akan diberi beasiswa  diperoleh dari hasil seleksi Fakultas  Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Fisika, Fakultas Teknik Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum dan Fakultas Ekonomi Program Studi Ilmu Ekonomi. Beasiswa diberikan dalam bentuk biaya kuliah, buku-buku dan dana selama 4 semester.

Ditambahkan, BMW bangga memberikan beasiswa ini karena merupakan hasil kerjasama dengan perguruan tinggi prestisius di Indonesia. Sampai saat ini BMW satu-satunya perusahaan otomotif di Indonesia yang memberikan beasiswa untuk mahasiswa pascasarjana.

Mahal
Sementara Rektor UI, Gumilar dalam sambutannya mengatakan, biaya pendidikan sekarang ini mahal. Dicontohkan untuk mendidik S-2, UI memerlukan dana Rp 36 miliar per tahun dengan jumlah mahasiswa S-2 dan S-3 di perguruan tinggi tersebut mencapai 17.000 orang. “Saat jumlah sarjana S-2 masih sedikit. Mereka sangat diperlukan, termasuk S3. Kalau boleh, makin banyak perusahaan memberikan beasiswa. Saya senang karena mahasiswa tersebut tidak perlu bayar,” terang Gumilar yang mengaku lulusan Jerman 1996.  

Dijelaskan pula, saat ini UI memiliki 70 beasiswa dari berbagai perusahaan nasional, multinasional, yayasan, institusi pemerintah dan asing. Beasiswa mencangkup biaya kuliah, tesis atau skripsi, tempat tinggal, biaya hidup dan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan soft skill. Beasiswa diberikan dalam rangka memperingati HUT RI ke-66 dan10 tahun berdirinya BMW Indonesia.

Disamping dukungan finasial, BMW Indonesia juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa pascasarjana yang memperoleh beasiswa untuk mengikuti berbagai program antara lain intership, mentoring, networking dan workshop. Tujuannya mempelajari langsung perusahaan multinasional terkenalseperti BMW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com