Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Mobil Tercepat di Dunia, Bugatti Veyron

Kompas.com - 28/07/2011, 20:20 WIB

Beberapa waktu lalu reporter warga Bart Mohamad menuliskan laporan pandangan mata dari Kota Wolfsburg, Jerman. Hasil laporannya mengenai Bugatti Veyron ditulis di social blog Kompasiana. Berikut laporan lengkapnya....

13118526661155463152

Bugatti Veyron Chrome (Foto: BM)

Autostadt atau ‘kota mobil’ di Wolfsburg adalah bagian dari usaha perusahaan Volkswagen untuk memamerkan koleksi mobil dari berbagai jenis dan merek dari seluruh dunia. Autostadt berkonsepkan dokumentasi operasi produksi mobil Volkswagen terinspirasi ketika Expo 2000 di Hannover pada tahun 1994. Pada tahun 1998 gedung Autostadt mulai dibangun di sebelah pabrik Volkswagen dan pavillion utama dibuka secara resmi pada tahun 2000.

Kunjungan saya ke Autostadt di sponsor oleh perusahaan Volkswagen yang merupakan bagian dari ‘post-tour conference’ . Rombongan kami yang menginap dan berkonferens di Hannover dibawa dengan 6 buah mobil MPV Volkswagen lengkap dengan sopirnya. Perjalanan ke Wolfsburg dari Hannover mengambil waktu sekitar 1 jam.

Biaya masuk ke Autostadt adalah € 13.50 seorang tetapi rombongan kami masuk secara gratis karena semuanya disponsori oleh Volkswagen. Tiket masuk berupa smart card yang harus Anda sentuh sebelum masuk ke pavillion. Terdapar 7 buah pavillion yang memamerkan berbagai jenis mobil kepada pengunjung. Pavillion produksi dan pembangunan Volkswagen menempatkan berbagai jenis mobil keluaran perusahaan VW, sedangkan Pavillion Bentley yang terletak di bawah tanah pula memamerkan mobil Bentley dan Bugatti. 

Ketika kunjungan saya ke sana, Bugatti Veyron Chrome di pamerkan di ruang utama pavillion. Mobil sports Bugatti Veyron adalah mobil tercepat di dunia dengan daya kecepatan 0-60 dalam 2.5 detik dan bisa mencapai 267 mph. Harga mobil Bugatti Veyron adalah sekitar USD $ 2,400,000.00 (Rp20, 400,019,200.00) tetapi untuk berfoto dengannya adalah gratis. Jadi, saya memilih untuk berfoto saja.

1311751185552445726

Tiket masuk ke Autostadt (Foto: BM)

Pavillion Skoda memamerkan mobil keluaran Skoda dari Republik Ceko. Mobil terbaru 4X4 Yeti diletakkan diruang utama. Ruang pavillion Skoda kecil saja dan terbatas pada mobil merek Skoda saja.Pavillion Lamborghini adalah yang paling menarik dan dari luar pavillion Anda bisa mendengar deruman mobil melalui sound effect dari dalam pavillion. Anda harus mengantri untuk memasuki ruang pavillion Lamborghini karena banyak orang yang mau melihat show didalamnya. Selain itu Anda juga bisa berkunjung ke Pavillion Audi dan Pavillion SEAT yaitu antara pavillion yang terbesar.

Selain pameran mobil, pavillion VW juga menjual souvenir kepada pengunjung. Oleh karena barangnya terlalu mahal, saya hanya membeli pemantik rokok dengan logo VW. Jika Anda lapar, ada restoran dengan berbagai jenis makanan yang bisa Anda pilih. Kepada peminat mobil tempat ini adalah tujuan wajib bagi Anda. Anda bisa sampai ke Autostadt dengan naik kereta sama ada dari Berlin atau Hannover. Tetapi saya tidak yakin berapa harga tiket dan waktu perjalanan. Stasiun terletak di sebelah Autostadt dan hanya 5 menit jika jalan kaki. Selesai mengunjungi Autostadt, sopir VW mengirim rombongan kami kembali ke Hannover.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com