Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mark Widjaja Merancang A-Concept Berdasarkan Selera

Kompas.com - 26/07/2011, 19:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu mobil konsep yang menarik pada IIMS 2011 - berlangsung saat ini di JIEXpo Kemayoran, Jakarta - adalah Daihatsu A-Concept. Desain mobil ini cocok dengan kebanyakan selera orang Indonesia. Daya pikatnya makin hebat karena berhembus kabar, ada kemungkinan hatchback mungil ini akan menjadi proyek mobil murah dan ramah lingkungan Daihatsu  di  Indonesia nantinya.

Cerita lain yang tak kalah menarik, Daihatsu A-Concept 100 persen lahir dari ide dan pikiran seorang putra Indonesia. Bisa dikatakan, Daihatsu A-Concept adalah “brainware” asli Indonesia! Mobil ini murni karya Mark Widjaja, 36 tahun, lulusan Design Product Industry dari Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) yang telah bekerja di Astra Daihatsu Motor (ADM) sejak 2003.

Menentukan Selera
Kepastian A-Concept untuk dijadikan “flagship” Daihatsu pada IIMS 2011 bukanlah kebetulan atau pesanan. Seperti diceritakan oleh Presiden Direktur ADM, Sudirman MR, A-Concept terpilih dari beberapa karya perancang Daihatsu di beberapa negara. “Kami dari Daihatsu sangat bangga, karya putra Indonesia, karya Daihatsu Indonesia terpilih untuk dijadikan sebagai mobil konsep. Ternyata hasilnya sangat menarik pengunjung. Juga pimpinan tertinggi Daihatsu dari Jepang (Koichi Ina),” jelas Sudirman saat memperkenalkan A-Concept ini kepada wartawan.

Mark Widjaja yang dihadirkan secara khusus hari ini oleh ADM untuk menjelaskan  proses penciptaan karyanya kepada wartawan, bercerita ikhwal karyanya tersebut. Diceritakan, “Merancang mobil itu sama seperti memilih makanan. Di Indonesia, humberger tentu tidak bisa sama dengan yang di Amerika. Sebaiknya disesusaikan dengan selera Indonesia. Karena saya lebih menggenal orang Indonesia, maka saya bisa menerjemahkan dan merancang mobil yang disukai atau  sesuai dengan selera orang Indonesia,” beber Mark tentang hasil karyanya saat wawancara dengan wartawan.

Dijelaskan, ia tidak ingin merancang kendaraan dengan penampilan bergaya “cute” (centil). “Orang Indonesia umumnya ingin tampil sederhana. Tidak perlu banyak lekukannya. Saya pun coba mengimplementasikan konsep desain Monas. Inilah jadinya,” lanjutnya.

Segmen A
Mark belum bisa menceritakan detil  hasil dirancangnya ini, yaitu  dimensi dan mesin yang akan digunakan. “Itu nantinya ditentukan oleh bagian rekayasa dan bukan desainer. Untuk dimensi, ukuran sama dengan  Kia Picanto atau lebih kecil dari Sirion. Berada di Segmen A,” urainya.

Ia pun menguraikan desain bodi luar yang mulus. Misalnya handle pintu dari silver yang kecil, rata dengan permukaan bodi. Begitu juga dengan desain dan komposisi lampu depan dan belakang. Bahkan termasuk knalpot. “Konsep desainnya mengalir. Flowing!” jelas Mark.

Selanjutnya untuk memberi kesan mobil ini tampak lebih besar dan kokoh, Mark membuat garis silver di atas sepanjang kaca (jendela) samping. “Tujuannya, agar mobil, seperti istilah orang Jawa tampak penyek,” lanjutnya. Sedangkan untuk menampilkan kesan kokoh pada mobil  super mini, bagian bodi samping dirancang gembung. “Seperti pesumo! Kesannya mobil jadi lebih stabil karena pijakan kokoh!” urainya. Lantas, tentang kiblat desain, Mark mengatakan, lebih menyukai perpaduan gaya Perancis yang moderen dan Jerman yang fungsional.

Level Baru Daihatsu
Terpilihnya  karya putra Indonesia sebagai konsep terbaru Daihatsu, dinilai Mark Widjaja sebagai “level baru Daihatsu”. Pasalnya, selama ini mobil konsep yang dipamerkan adalah hasil karya perancang Jepang. “Terpilihnya A-Concept membuktikan prinsipal Daihatsu percaya dengan karya orang Indonesia,” komentarnya.

Bagi Daihatsu, A-Concept adalah  level atau fase baru perjalanannya di Indonesia. Pasalnya, tahun ini Daihatsu Motor Co. Ltd. sudah memberi kepercayaan kepada putra Indonesia untuk menjadi pimpinan tertinggi Daihatsu di Indonesia, Sudirman MR. Kepercayaan tersebut telah dibuktikan dengan menjadikan Daihatsu sebagai produsen mobil nomor satu di Indonesia! Bravo Daihatsu!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com