Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS Bertekad Jadi Kiblat di Asia Tenggara

Kompas.com - 23/07/2011, 20:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Potensi Indonesia sebagai pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara sudah di depan mata. Seiring dengan ini, The 19th Indonesia International Motor Show (IIMS) tak mau ketinggalan dan bertekad menggeser Bangkok Motor Show.

Dhani Budiarto, CEO PT Dyandra Promosindo, saat berbincang dengan Kompas.com, Jumat (22/7/2011), mengatakan, IIMS kali ini menjadi event terbesar otomotif dari yang pernah diselenggarakan di Indonesia. Dengan terus meningkatnya pasar otomotif nasional, bukan tak mungkin IIMS menjadi kiblat utama di Asia Tenggara.

"Dari segi luas area yang digunakan, IIMS sudah lebih besar ketimbang Bangkok yang dihelat Desember 2010. Kami optimistis semua bisa berjalan lancar, dari hari pertama semua terlihat oke," ujar Dhani.

Semaraknya IIMS 2011 tampak dari hari pelaksanaan press day dan VIP day (pembukaan), Jumat kemarin, dengan peluncuran produk baru dan penampilan mobil konsep dari agen pemegang merek (APM). Pabrikan yang membawa mobil konsepnya di IIMS kali ini, antara lain Peugeot SXC, Suzuki Concept-G, dan Daihatsu. Toyota membawa empat mobil konsep, yaitu FT-86 Concept, Whee, X/1, dan A-BAT. Infiniti tidak mau ketinggalan dengan membawa Infiniti Essence yang merupakan debut pertamanya di Asia Tenggara.

Terus berkembang

Secara bertahap, perhelatan IIMS dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Pada 2009, jumlah peserta yang ikut hanya 163 peserta, tahun 2010 naik jadi 203 peserta, dan tahun ini menjadi yang terbanyak, yaitu 256 peserta. Luas area pameran juga bertambah, mulai dari 40.000 meter persegi pada 2009, 57.000 meter persegi (2010), dan 63.000 meter persegi (2011).

"Kami terus berbenah dan menjadi lebih baik lagi setiap tahunnya. Kami mau menjadikan IIMS setara dengan pameran otomotif lain yang menjadi rujukan di beberapa negara lain, tahap awal di Asia Tenggara," jelas Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com