Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soebronto Laras: Pasar Mobil 2012 Bisa 860.000 Unit

Kompas.com - 19/07/2011, 17:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Prediksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengenai pasar mobil nasional tahun ini bakal menyentuh 800.000 unit sepertinya bakal terwujud. Malah, mantan Ketua Umum Gaikindo dan juga mantan Presiden Direktur di Indomobil Group, Soebronto Laras, memprediksi bahwa pasar bisa lebih besar lagi sampai 860.000 unit setelah melihat hasil pencapaian pada semester pertama.

Bahkan, Soebronto memperkirakan bahwa penjualan lebih besar diraih pada semester kedua, khususnya Juli dan Agustus, masuk musim hari raya Idul Fitri. "Menurut saya bisa 860.000 unit kalau melihat pasar enam bulan pertama saja sudah 417.000 unit. Ini sangat mungkin tercapai," ucap Soebronto di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, hari ini (19/7).

Gejolak Indonesia sebagai potensi pasar yang besar membuat sejumlah investasi untuk otomotif juga mulai masuk. Dia mencatat, sedikitnya Rp 12 triliun komitmen investasi datang dari beberapa prinsipal Indonesia. "Saya melihat sudah ada Suzuki, Toyota, Daihatsu, Hyundai, dan Nissan yang mengatakan mau tambah investasi. Potensi Indonesia juga ASEAN menjadi daya tarik bagi prinsipal," beber Soebronto.

Dengan perkembangan ini, Soebronto yakin kalau 1 juta unit penjualan yang ditargetkan pada 2014-2015 bisa diraih lebih cepat. "Saya yakin kalau situasi tetap seperti ini (aman dan ekonomi stabil), one milion club dicapai dua tahun lagi (2013)," tutup Soebronto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com