Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lotus Esprit Bermesin Lexus Saingi Ferrari

Kompas.com - 20/06/2011, 18:27 WIB

INGGRIS, KOMPAS.com - Lotus ingin menyaingi Ferrari dan McLaren bukan di arena F1, melainkan di kelas supercar dengan produk andalannya Esprit baru. Tak kepalang tanggung, konon pabrikan mobil Inggris itu membenamkan mesin V8 yang berasal dari Jepang. Situs Autoblog coba mengkonfirmasi rumor itu kepada Lotus.

CEO Lotus Dany Bahar mengatakan kepada para wartawan dalam acara konferensi pers bahwa pihaknya akan menawarkan pengalaman mengemudi yang lebih otentik ketimbang Ferrari 458 atau McLaren MP4-12C. Ditambah lagi pemakaian teknologi KERS (Kinetic Energy Recovery System) akan menambah pengalaman berkendara, kata Bahar.

Yang menarik dari Esprit baru, jantung pacu yang berkonfigurasi V8 itu dari Toyota berkapasitas 5.0 liter. Mesin itu, katanya sekarang berada di balik kap mesin lexus IS-F yang bertenaga 570 HP, tapi yang mendekam di Esprit lebih ringan dan dimensinya lebih kecil.

Pantas kalau Lotus sangat membanggakan kendaraan barunya itu dan berani menantang ferrari dan McLaren. Sebab, kala Esprit pertama kali diproduksi pada 2004 dengan mesin 3.5liter V8 twin turbo hanya mempunyai tenaga maksimum 350 HP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com