Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Siapkan Dutro Hibrida untuk Pasar Amerika Serikat

Kompas.com - 16/06/2011, 15:03 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Toyota Motor Company, melalui Hino Motor Limited, menyiapkan truk ringan Dutro berteknologi hibrida yang mengawinkan mesin diesel dengan motor listrik. Kendaraan komersial ini ditujukan untuk pasar Amerika Serikat dan mulai dijual pada Desember 2011.

Seperti dilansir autonews, Rabu (15/6/2011), peluncuran Dutro ini menjadi bukti kepiawaian Toyota dalam teknologi hirbida setelah sukses dengan Prius. Selain itu, hal ini juga menandai kembalinya Hino ke negeri Abang Sam (AS) setelah absen selama tujuh tahun.

Menurut Hino, keunggulan utama Dutro Hibrida adalah konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih hemat hingga 50 persen dibanding model konvensional. Dua varian yang dipasarkan adalah Dutro 155h berdaya angkut 6,5 ton dan Dutro 195h (8,9 ton). Versi hibrida yang diperkenalkan adalah cab over engine (COE) atau mesin berada di bawah kabin.

Kedua truk menggunakan mesin J05E Hino berkapasitas 5 liter serta menghasilkan tenaga 210 PS dan torsi 597 Nm. Untuk memindahkan tenaga mesin dan motor listrik ke roda, Hino menggunakan transmisi otomatik 6-percepatan Aisin. Adapun jenis baterai yang digunakan NiMH atau Nickel Metal Hydride.

Harapan Hino selanjutnya adalah menaikkan penjualan truk ringannya menjadi empat kali lipat, 140.000 unit, pada 2015 di negara tersebut. Hino yakin produk baru ini bisa diterima dengan baik berdasarkan pengalaman di Jepang. Oleh karena itu pula diharapkan, truk hibrida yang akan diluncurkan pada Juli mendatang ini bisa menyumbang 30 persen total penjualan Hino di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com