Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Indonesia Bangun Pabrik Baru

Kompas.com - 29/05/2011, 12:40 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mulai membangun pabrik baru berkapasitas 100.000 unit per tahun, ditandai dengan pemancangan tiang pertama (ground breaking), Jumat (27/5/2011) di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat. Pabrik berdiri di lahan seluas 70.000 meter persegi dan mulai beroperasi akhir 2012.

Pemancangan dihadiri Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat didampingi Presiden Direktur ADM merangkap Direktur PT Astra International Tbk Sudirman MR, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori, Bupati Karawang Ade Swara, Presiden Direktur Daihatsu Motor Company (DMC) Koichi Ina, Senior Managing Director Toyota Motor Corporation (TMC) Takahiro Iwase, Managing Executive Officer Toyota Tsusho Corporation Hiroshi Takano, dan Senior Executive Director ADM Takashi Nomoto.

Pabrik baru ini akan menambah kapasitas produksi ADM dari 330.000 unit menjadi 430.000 unit per tahun. Pemilihan lokasi di Karawang dilakukan karena pabrik di Sunter, Jakarta, sudah tak mungkin ekspansi. Dengan dana Rp 2,1 triliun, fasilitas produksi bakal punya kemampuan stamping, welding, painting, dan assembly.

"Desain pabrik baru Daihatsu ini disesuaikan dengan kondisi Indonesia dan akan menjadi pabrik mobil yang ideal dengan menerapkan green process dan eco friendly. Pabrik ini diharapkan akan menjadi salah satu aset nasional kebanggaan bangsa Indonesia," ujar Sudirman.

Indonesia merupakan basis produksi Daihatsu terbesar di luar Jepang dan tumbuh signifikan dalam lima tahun terakhir. Peningkatan produksi melesat sampai 315 persen. Pada 2006 produksi cuma 95.496 unit dan pada 2010 sudah mencapai 300.373 unit. Kondisi ini membuat Daihatsu ikut ambil bagian berkontribusi pada perkembangan industri otomotif nasional yang tumbuh bersama 155 perusahaan pemasok lapis pertama (tier I) dan 850 perusahaan pemasok lapis kedua (tier II) serta mempekerjakan total 507.000 tenaga kerja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com