Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Start Terdepan, Hamilton Terpuruk Ketujuh

Kompas.com - 28/05/2011, 20:33 WIB

MONACO, KOMPAS.com - Sesuai apa yang diramalkan Fernando Alonso yang menfavoritkan Red Bull di GP F1 Monaco, tampaknya bakal jadi kenyataan. Dari sesi kualifikasi yang diwarnai insiden hebat, hari ini (28/5) Sebastian Vettel berhasil merebut posisi start terdepan dengan waktu tercepat 1 menit 13,556 detik.

Catatan waktu terbaiknya itu dibuat pada kualifikasi ketiga (terakhir). Padahal, di dua babak kualifikasi pertama, pebalap Jerman itu tidak masuk dalam tiga besar yang dikuasai oleh Lewis Hamilton (McLaren).

Balapan rangkaian keenam yang menempuh 78 lap besok bakal berlangsung seru. Pasalnya, di sebelah Vettel bertengger pebalap McLaren Jenson Button. Hanya ia dan vettel yang bisa mengukir waktu terbai dengan 1:13. Button sendiri mencatat 1:13,997.

Sedang rekan setimnya, Hamilton harus puas di urutan ketujuh. Insiden Perez sempat mengganggu perjuangannya untuk bisa merebut posisi start terdepan pda menit ke-7.

Di belakang Vettel dan Button, Mark Webber (Red Bull) dan Fernando Alonso (Ferrari). Komposisi dengan tiga juara dunia di depan, menjadi tontonan menarik di saat start.

 

Kualifikasi 1 (Q1) :Ferrari manajemen baru

Fernando Alonso memberi isyarat kalau Ferrari berambisi memenangkan balapan rangkaian ke-6 ini. Selain menjadi tercepat dalam latihan bebas kedua kemarin, tadi pagi, pebalap Spanyol ini kembali menjadi yang tercepat.

Boleh jadi, mungkin ini dikarenakan adanya perubahan struktur manajemen dari Ferrari. Aldo Costa yang menjabat direktur teknik mengundurkan diri dan posisinya diisi oleh Pat Fry.

Tidak seperti di trek lainnya, di Monte Carlo ini pebalap butuh mengitari beberapa lap untuk mendapatkan waktu terbaik. Karena, jarak 3,340 km yang cukup pendek dan sarat tikungan, menciptakan traffic.

Para pebalap papan atas baru masuk lintasan mulai menit ke-4 diawali oleh Hamilton dan Button dari McLaren, diikuti Massa dan Vettel pada menit 8, Alonso menit 9 dan Webber satu menit kemudian. Tapi, belum ada yang bisa melampaui waktu latihan bebas Alonso yang 1:14 detik. Hamilton tercepat dengan waktu terbaik sementara 1:15,206 detik, dibayangi Vettel dengan 1:15,606.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com