Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Motor Kebut Pembangunan Pabrik di India

Kompas.com - 27/05/2011, 14:11 WIB

HARYANA, KOMPAS.com - Setelah resmi bercerai dengan Hiro Grup, Honda Motorcycle & Scooter India (HMSI) melakukan ekspansi besar-besaran dengan rencana penambahan kapasitas produksi dan pendirian pabrik baru. Dalam situs resminya (26/5) dikatakan, saat ini pabrik kedua di kawasan industri Tapukara, Rajasthan - sekitar 90 km dari New Delhi - dalam proses pembangunan dan selesai Juli dengan kapasitas pabrik 600.000 unit.Jumlah itu masih akan dilipatgandakan menjadi 1,2 juta unit per tahun.

Tak cuma itu, pembangunan pabrik ketiga di Belangore, sebelah selatan India dengan kapasitas 1,2 juta unit, juga sedang dikebut dan efektif digunakan pada pertengahan 2013. Dengan penambahan fasilitas produksi ini, maka HMSI akan menyamai Indonesia sebagai negara produsen sepeda motor terbesar di dunia.

India saat ini menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan pasar sepeda motor terbesar di dunia mencapai 11,32 juta unit pada tahun lalu. Besarnya potensi pasar di negeri sari membuat Honda yang sempat menikmati puncak kejayaan dengan Hero Honda membuat Honda yang kini solo tak mau kehilangan kesempatan yang sama.

Pada tahun lalu, penjualan Honda naik sampai 40 persen menjadi 1,52 juta unit dari 2009. Untuk memenuhi permintaan pasar, Honda juga menyiapkan beberapa model seperti CB Unicorn Dazzler dan CBR250R. Ke depan, Honda bertekad menyuguhkan produk-produk lain guna memenuhi permintaan pasar sekaligus memenuhi kapasitas produksi di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com