Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webber Buka Peluang Memenangi F1 Spanyol

Kompas.com - 21/05/2011, 20:02 WIB

CATALUNYA, KOMPAS.com — Mark Webber berhasil menempatkan dirinya start paling depan pada GP F1 Spanyol, Minggu (22/5/2011), menempuh 66 lap. Pebalap Red Bull itu mengukir waktu tercepat untuk satu putaran sepanjang 4,655 km dengan 1 menit 20,981 detik.

Keberhasilan ini membuka peluangnya untuk meraih kemenangan pertamanya di musim ini asalkan pebalap Australia ini tidak melakukan kesalahan saat start.

Sebab, di sampingnya berdiri rekan setimnya, Sebastian vettel. Pemimpin klasemen sementara dengan 93 angka itu terus menunjukkan performanya yang bagus. Bukan tidak mungkin ia dapat memenangi balapan yang keempatnya musim ini, apalagi kondisi mobilnya sangat mendukung.

Di belakang kedua Red Bull itu membayang pebalap McLaren, Lewis Hamilton, gejala understeer, bahkan sempat mengerem keras di sesi terakhir, memperlihatkan ia belum begitu menyatu dengan karakter MP4-26 yang telah mendapat perbaikan di 15 bagian.

Di samping Hamilton, ada Fernando Alonso. Pebalap Ferrari ini tampak masih belum didukung kecepatan mobil untuk dapat mengimbangi Red Bull.

Kualifikasi I (Q1): Pakai DRS

Baru di sirkuit Catalunya, para pebalap boleh menggunakan DRS saat kualifikasi dan sekalian mencoba ban kompon keras. Red Bull kembali memperlihatkan superioritasnya melalui Mark Webber yang langsung menggebrak dengan waktu tercepat 1:23,938 detik di menit ke-8 dan satu menit kemudian dipertajam lagi menjadi 1:23,619.

Lewis Hamilton mengeluhkan mobilnya understeer. Ia sempat keluar dari lintasan ketika menaklukkan tikungan ketujuh dan kedelapan meski dapat mengendalikan mobil dan masuk ke lintasan lagi.

Dengan diberi kesempatan memakai DRS, pebalap Renault, Vitaly Petrov, mampu melampaui waktu Webber jadi 1:23,069 detik. Termasuk Maldonado yang melompat dan berada di belakang Petrov. Namun, kejutan dibuat Michael Schumacher. Juara dunia tujuh kali ini menutup sesi pertama dengan tampil yang tercepat 1:22,960 detik.

Nasib apes dialami Rubens Barrichello. Pebalap Brasil dari tim Williams ini harus start dari urutan ke-19 akibat mobilnya mengalami gangguan pada girboks.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com