Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Rossi Coba Trek Silverstone

Kompas.com - 18/05/2011, 16:13 WIB

SILVERSTONE, KOMPAS.com — Valentino Rossi tampil di Sirkuit Silverstone, Inggris, berkaitan dengan peresmian "Wing Silverstone" baru, yang menghabiskan dana Rp 350 miliar, kemarin (17/5/2011). Pada kesempatan tersebut, pebalap Ducati itu tampil membesut sepeda motor Ducati jenis Superbike 2009 dan hanya melahap empat lap karena kondisi mesin tidak mendukung.

"Saya senang. Setelah mengitari trek beberapa lap dengan motor balap Superbike 1198, kami mendapat masalah pada sistem elektronik," ujar Rossi sebelum balik ke Italia. Ia lantas berganti motor standar jalanan yang dipinjam dari Ducati Inggris.

"The Doctor" mengakui sangat suka membesut motor di Silverstone. "Lintasan bagus, sulit, dan sangat teknis. Itu yang membuat Anda bekerja keras karena ada bagian yang sangat cepat, sedangkan bagian lainnya sempit dan Anda harus mempunyai grip yang baik ketika berakselerasi," ungkap pria asal Urbino, Italia, ini.

Ia melanjutkan bahwa tikungan pertama benar-benar buta dan harus tepat berada di racing line. "Pokoknya, secara keseluruhan, bagian (section) pertama di trek ini benar-benar hebat dan saya sangat menyukainya," puji Rossi.

Tahun lalu, Rossi tidak tampil di Silverstone akibat cedera berkepanjangan. Makanya, ia tak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Renovasi

Sirkuit Silverstone yang akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP dan F1 2011 telah direnovasi di berbagai sisi dengan menghabiskan dana Rp 350 miliar. Peresmian yang dilakukan oleh HRH Duke of Kent dan Presiden British Racing Drivers Club (BRDC) itu dihadiri lima dari enam mantan juara dunia F1 asal Inggris, yakni John Surtees, Jackie Stewart, Nigel Mansell, Damon Hill, dan Jenson Button.

Pembenahan di kompleks Sirkuit Silverstone meliputi pit yang kini memiliki 41 garasi, rumah pengontrol balapan, ruang media, hotel, hospitality, zona penonton VIP, podium, tiga ruang besar, pusat bisnis, dan auditorium berkapasitas 100 kursi.

"Hari ini (17/5/2011) menjadi hari yang penting," sebut Presiden BRDC Damon Hill. Silverstone, lanjutnya, memiliki warisan sejarah yang signifikan. "Tetapi kami mempertahankan tempat ini selalu berada di garis paling depan di ajang motor sport internasional," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com