Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia All-New Sportage Resmi Dipasarkan di Indonesia

Kompas.com - 11/05/2011, 15:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dengan penampilan baru atau wajah yang berubah total, kategori untuk Kia All-New Sportage pun bergeser. Kalau sebelumnya dua generasi Sportage masih disebut sport utility vehicle (SUV), maka untuk All-New dikategorikan crossover utility vehicle (CUV).

"Penampilan atau desain Sportage sekarang ini lebih gaya. Bodinya bulat, tidak kaku. Target konsumen juga berubah. Lebih difokuskan bagi mereka yang lebih sering menggunakan kendaraan di dalam kota," ungkap Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran  PT Kia Mobil Indonesia (Presdir KMI), dalam konferensi pers pengenalan All-New Sportage, siang ini di Hotel Borobudur, Jakarta.

Pada konferensi pers, KMI tidak menghadirkan sosok Sportage generasi ke-3 tersebut. Rencananya, sosok All-New Sportage diperlihatkan dan dites malam ini di Pantai Karnival, Ancol. Hanya dijelaskan soal perubahan, baik desain, pengembangan mesin yang digunakan, maupun harga!

Dua varian
Dua varian Sportage baru dibedakan berdasarkan transmisi yang digunakan. Untuk transmisi otomatik 6-percepatan—disebut shift tronic—dibanderol Rp 286 juta (on the road di Jakarta) dan manual 5-percepatan sebesar Rp 249,5 juta.

"Perbedaan harga yang cukup besar tersebut terjadi karena fiturnya juga berbeda. Tidak hanya berbeda pada transmisi (otomatik dan manual), teknologi transmisi otomatiknya juga lebih canggih karena bisa dioperasikan juga secara manual. Versi otomatik menggunakan dua airbag, pegangan pintu berlapis krom, kaca spion luar elektrik dan bisa dilipat dari dalam, serta setir yang dilapis," beber Hartanto.

Dari kedua varian tersebut, Kia berharap bisa menjual lebih banyak versi transmisi otomatik. KMI menargetkan penjualan CUV bisa 1.000 unit sampai akhir tahun ini atau 10 persen dari total target penjualan Kia di Indonesia pada 2011, yaitu 10.000 unit.

Perubahan lain dari Sportage adalah mesin. Kendati kapasitasnya masih sama (2,0 liter), mesin baru yang diberi nama "theta" tersebut disemati teknologi dual CVVT yang menghasilkan tenaga 166 PS @ 6.200 rpm dan torsi 20,1 kg-m @ 4.600 rpm. Adapun mesin lama yang disebut "beta" memiliki tenaga 142 PS dan torsi 16,8 kg-m.

Dengan mesin baru, Kia mengklaim bahwa All-New Sportage lebih irit bahan bakar, yaitu 8,1 liter/100 km atau 12,3 km/liter dengan bahan bakar RON 92 (perbandingan kompresi mesin baru ini 10,5 : 1).

All-New Sportage tersedia dalam 9 pilihan warna, yaitu Bright Silver, Mineral Silver, Black Cherry, Techno Orange, Signal Red, Clear White, Sand Track, Vintage Blue, dan Electronic Yellow.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com