Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Sumbang Motor Listrik EC-03 untuk MotoGP

Kompas.com - 04/05/2011, 16:43 WIB

PORTUGAL, KOMPAS.com — Yamaha menyerahkan sepeda motor listrik EC-03 kepada Dorna selaku promotor MotoGP sebagai kesepakatan kerja sama. Penyerahan dilaksanakan saat gelaran MotoGP Portugal berlangsung di Sirkuit Estoril pada Minggu lalu. Sepeda motor berbentuk skuter ini melengkapi armada kendaraan roda dua di paddock selama rangkaian balapan 2011 yang sebelumnya juga sudah disumbangkan Yamaha lewat JogRR.

Setiap unit EC-03 akan mendapat penyesuaian grafis dan logo yang mencerminkan perannya di arena tersebut.

Skuter ini menggunakan baterai lithium-ion 50 V yang diproduksi oleh Sanyo untuk menggerakkan Yamaha Integrated Power Unit (YIPU). YIPU itu terdiri dari motor DC, unit kontrol, transmisi gigi planet, dan drum rem yang semuanya menyatu menggerakkan roda berukuran 12 inci.

Menurut Yamaha, YIPU mempunyai tenaga 1,9 HP dengan torsi maksimum 9,6 Nm. Daya jelajahnya diklaim 43 km dalam kondisi baterai penuh dengan kecepatan tertinggi 30 km per jam pada jalan datar untuk pengendara berbobot 55 kg.

"Hubungan lama Yamaha dengan Dorna Sports jadi kebanggaan buat kami dan terus menjadi inspirasi," komentar Raffaella Pasquino, Manajer Pemasaran Yamaha Eropa. Pengenalan EC-03 sebagai sarana pendukung di paddock MotoGP, lanjut Pasquino, mencerminkan komitmen bersama mereka untuk menghijaukan arena balap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com