Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Tergelincir dari Posisi Puncak

Kompas.com - 26/04/2011, 18:24 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Gempa dan bencana tsunami yang melanda Jepang, Maret lalu, dipastikan Toyota Motor Corp. (TMC)  bakal kehilangan posisi puncak sebagai produsen mobil terbesar di dunia akibat berkurangnya produksi. Toyota bisa tergelincir di urutan tiga di bawah General Motors dan Volkswagen.

Toyota mulai menduduki posisi puncak sebagai produsen mobil terbesar di dunia sejak 2008. Tahun lalu, penjualan globalnya mencapai 8,42 juta unit, sedang GM menempel dengan 8,39 juta unit. Dampak dari musibah kemarin, penjualan Toyota diprediksi hanya menuai angka tertinggi 6,3 juta sampai 7 juta unit tahun ini.

"GM dipastikan akan melebihi 8 juta unit dan Volkswagen bisa menyentuh 7 juta unit, akhirnya Toyota menduduki posisi tiga," ujar Koji Endo, Managing Director of Advanced Research di Tokyo, Jepang, seperti dilansir reuters (25/4/2011).

Tergelincirnya Toyota ini dimanfaatkan dua merek Korea Selatan Hyundai-Kia untuk meningkatkan penjualan. Bahkan indikasi peningkatan nilai saham dua merek ini diprediksi terjadi pekan ini seiring meningkatnya kepercayaan investor.

"Hyundai dan Kia jadi merek yang paling diuntungkan dalam kondisi ini. Hyundai akan fokus menggarap segmen 'atas' dan Kia punya kemampuan untuk mendongkrak pasokan ke pasar. Kombinasi yang baik untuk mengejar ketertinggalan dari Jepang," ujar Suh Sung-moon, analis dari Korea Investment & Securities di Seoul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com