Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Lakukan "Trade-in" di Amerika

Kompas.com - 21/04/2011, 12:13 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Hyundai Motor Co (HMC) membuat terobosan menjadi pabrikan pertama di Amerika melakukan trade-in dengan menjamin harga. Demikain CEO Hyundai Motor America John Krafick mengumumkan program ini pada pameran New Yortk Auto Show Seperti dikutip kantor berita AP (21/4). Program ini mulai diterapkan 1 Mei ini.

Para analis mengatakan pertama kalinya produsen mobil berani membuat jaminan yang tanpa dikenakan biaya. Langkah ini sebagai inovatif dari pabrikan dan tentu akan meningkatkan jumlah pelanggan kembali ke Hyundai.

"Ini langkah berani dari Hyundai. Jika harga mobil yang dinilai tinggi dari harga yang dijamin Hyundai, pembeli akan mendapatkan mobil baru. Jika nilai kendaraan rendah, pembeli akan dapat mobil lain," ungkap Jesse Toprak, Wakil Presiden Tren Industri dan Analis TrueCar.com.

Maksud ndari Jesse, jika mobil bekas pemilik dinilai tinggi, maka ia akan dapat mobil baru sesuai yang diinginkan. Tapi, jika harga mobil bekasnya jatuh, pemilik tak akan dapat model yang di atasnya.

Persyaratan yang dikeluarkan Hyundai untuk yang ingin trade-in, mobil berusia (paling tua) 10 tahun atau sudah menempuh jarak maksimum 160.000 km).

Menurut Jesse, strategi yang dijalankan Hyundai sungguh tepat karena harga mobil bekas lagi tinggi. Risiko yang diraih HMC perusahaan cenderung kehilangan uang ketika menjual kembali mobil bekas.

Kalau saja Jesse datang ke Indonesia dan mampir ke Hyundai Motor Indonesia, program ini justru sudah dilakoni beberapa tahun silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com