Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Crossover" Urban Terbaru Subaru

Kompas.com - 20/04/2011, 20:27 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com — Pada Shanghai Auto Show 2001 dan New York Auto Show 2011 yang berlangsung saat ini, Subaru memperkenalkan konsep crossover terbarunya, yaitu XV. Menurut Subaru, crossover adalah SUV dengan penampilan yang lebih gaya.

Konsep baru tersebut diberi nama "Protren" yang berasal dari kata gabungan professional tool dan trendy design. Tepatnya, Subaru mendefinisikan sendiri bahwa crossover adalah integrasi fungsional untuk profesional dan penampilan bergaya  urban dan stylish.

Crossover termasuk kompak dan dapat dilihat dari dimensinya, panjang x lebar x tinggi: 4.450  x 1.800  x 1.620 (mm), jarak sumbu roda 2.636 mm. Karakteristik yang tak kalah menarik dari crossover ini adalah mesin yang ditanamkan, yaitu boxer DOHC, 2.0 liter. Namun, tenaga dan torsi yang bisa dihasilkan mesin ini tidak dijelaskan.

Selanjutnya mesin tersebut ditandemkan dengan transmisi Lineartronic atau CVT yang memindahkan tenaga ke seluruh roda atau all-wheel drive (AWD). Ciri khas dari AWD ini, bekerja secara simetris. Artinya, as roda kanan dan kiri sama panjangnya. Penampilan crossover makin gagah dengan memasang ban 245/45-ZR19.

Kamera stereo
Tak kalah menarik dari mobil ini adalah penampilan interiornya. Jok dilapisi kulit putih silver yang memberikan rasa nyaman dan mantap diduduki. Desain jok ini memberi kesan penampilan yang kasual, sporty, dan tentu saja tetap gaya.

Fitur lain yang dibanggakan adalah monitor LCD yang dipasang di panel tengah.  Menurut Subaru, layar monitor ini berfungsi menayangkan tiga informasi yang berbeda, yaitu navigasi, audio, dan kondisi kerja kendaraan. Monitor ini sudah menggunakan teknologi layar sentuh.

Perlengkapan canggih lain adalah sistem keamanan yang diberi nama "EyeSight" untuk membantu pengemudi memantau kondisi di sekitarnya. Alat ini terdiri dari sebuah monitor LCD yang ditempatkan antara meter kombinasi (di tengah) dan kamera stereo. Melalui layar monitor tersebut, pengemudi bisa melihat situasi dan kondisi di sekitarnya yang direkam oleh kamera stereo EyeSight tersebut!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com