Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Masa Depan dari Shanghai Auto Show

Kompas.com - 19/04/2011, 19:53 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com — Perhelatan otomotif terbesar di China, Shanghai Auto Show (SAS) 2011 ke-14, resmi bergulir pada Selasa (19/4/2011) ini untuk wartawan yang mengambil lokasi di Shanghai New International Expo Center. Dengan tema "Inovasi untuk Masa Depan"  (Innovation for Tomorrow), pameran yang dibuka untuk umum mulai 21 April sampai 28 April ini menjadi barometer perkembangan industri otomotif China, sekaligus wadah bagi merek-merek dunia untuk memajang model baru.

SAS diklaim sebagai pameran terbesar di dunia karena menggunakan area yang luasnya mencapai 230.000 meter persegi, terdiri dari 13 hall di dalam dan luar ruangan, meningkat 35 persen dibandingkan tahun lalu. Pameran menampung 2.000 kendaraan yang berdatangan dari 20 negara, plus tuan rumah.

Berbagai produk pendukung industri termasuk aksesori dan perlengkapan otomotif juga ikut meramaikan pameran, mulai dari Bosch, Johnson Controls, Continental, ThyssenKrupp, ZF, Delphi, Honeywell, Faurecia Group, BorgWarner, Eaton, Dana, ArvinMeritor, TRW, Denso, dan Aisin. SAS mulai dihelat pada 19-20 April untuk media, 21-22 April untuk pebisnis, dan 23-28 April 2011 untuk umum.

Dari dalam negeri (China), enam grup besar otomotif menunjukkan kepercayaan dirinya di tanah kelahiran sendiri, yaitu FAW, SAIC, DFM, CHANGAN, GAC, dan BAW. Ada juga merek-merek baru hasil kolaborasi dengan prinsipal dari luar China, seperti DS (merek dari Changan dan PSA), DFM, dan Yulon, yang siap memulai debut di Shanghai.

China yang kini menjadi pasar otomotif terbesar di dunia membuat pameran ini menjadi salah satu yang paling penting bagi prinsipal otomotif di seluruh dunia. Dari Eropa, Volkswagen meluncurkan generasi terbaru, Beetle. BMW Group menyiapkan model-model baru, termasuk merek bawaan seperti Mini dan Rolls-Royce. Mercedes-Benz juga memboyong "adik" Maybach dan Smart, termasuk meluncurkan produk global terbaru A-Class dan desain baru CLS. Merek lain, yaitu Volvo, Citroen, Peugeot, Renault, dan Fiat, juga ikut ambil bagian.

Dari Jepang, meski prinsipal masih disulitkan dengan pemulihan kondisi pascabencana alam, merek utama dipastikan turut meramaikan pameran. Toyota mengajak perusahaan hibrida (lokal dan asing) FAW Toyota, GAC Toyota, dan Lexus memamerkan total 60 model di pameran ini. Honda menyiapkan model kolaborasi dengan GAC Honda, DFM Honda, dan Acura. Nissan dan Infiniti memboyong mobil konsep, robot pintar, dan model-model klasik lainnya. Juga ada Mazda, Mitsubishi Motors, dan Suzuki.

Dari Amerika Serikat, trio Detroit GM, Ford, dan Chrysler juga siap unjuk gigi. GM akan memperkenalkan Malibu, sedangkan Ford memamerkan teknologi baru, khususnya energi terbarukan, termasuk tiga kendaraan listrik dan sebuah mobil konsep. Duo Korea Selatan, Hyundai dan Kia, juga menyiapkan beberapa model baru khusus untuk pasar China.

Tak ketinggalan, merek-merek premium juga mau mengambil kesempatan "menjaring" uang orang kaya di China. Sebut saja, Porsche, Ferrari, Maserati, Aston-Martin, Lamborghini, Bentley, Rolls-Royce, Spykers, Lorinser, sampai Jaguar-Landrover menyiapkan produk yang pastinya eksklusif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com