Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distribusi Mitsubishi ke Dealer Turun

Kompas.com - 15/04/2011, 16:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak dari bencana alam yang menimpa Jepang mulai dirasakan oleh  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). ATPM Mitsubishi di Indonesia ini mengalami penurunan produksi, sehingga pengiriman ke dealer-dealer pada April ini diperkirakan turun sampai 23,3 persen menjadi 10.000-an unit dari sebelumnya 13.047 unit.

"Situasi ini dilema, disaat pasar sedang bagus-bagusnya di Indonesia, pasokan unit baru justru berkurang," ujar Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran KTB di Kantor KTB, Pulo Mas, Jakarta Timur, hari ini (15/4). Jumlah yang 10.000-an itu, lanjutnya  terbilang masih lumayan daripada prediksi awal perusahaan yang diperkirakan anjlok lebih rendah mencapai 7.000 unit. Tapi,  prinsipal di Jepang makin lama terus menghembuskan kabar positif membuat pasokan komponen bisa lebih tinggi.

Rizwan sendiri, katanya sudah menerima laporan dari prinsipal di jepang kalau Mitsubishi  tetap mencari pemasok alternatif dari Jepang. Tidak seperti merek lain, ada yang disuplai dari negara lain.

Sampai kini, rata-rata produk Mitsubishi yang dirakit di Indonesia baru mengandung 50 persen komponen lokal dan sisanya masih diimpor dari Jepang. Karenanya, KTB masih sangat bergantung pada prinsipal. "Saya rasa penurunan pasar akan terjadi dalam satu sampai dua bulan ke depan. Mudah-mudahan setelah Juni 2011 kondisi sudah membaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com