Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Motors Deklarasikan sebagai Pemain Global

Kompas.com - 09/04/2011, 13:21 WIB

INDIA, KOMPAS.com — Raksasa produsen mobil India, Tata Motors, mendeklarasikan menjadi pemain global di pasar otomotif internasional. Untuk mendukung semangat itu, Tata Motors mengumumkan, Jumat (8/4/2011), membentuk divisi baru, Tata Tecnologied Vehicle Programs and Development (VPD) Group.

VPD dikepalai oleh Kevin Fisher, senior yang sudah 30 tahun menggeluti industri otomotif. Ia memimpin 200 insinyur yang berasal dari empat Tata Engineering Centers, yaitu di Detroit, Conventry, Pune, dan Stuttgart.

Tugas utama VPD mengembangkan kendaraan dan teknologi masa depan serta untuk pihak ketiga. Contohnya, kerja sama dengan Genovation dalam menciptakan mobil listrik G2. Meski tidak menyebutkan nama mitra lainnya, Tata mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan pabrik mobil premium di Eropa, Amerika Utara, dan banyak lagi.

Sebagai produk pertama dari VPD adalah G2, yang akan dipamerkan dalam kongres SEA World pada 12 April 2011. Di tempat itu pula, VPD akan menampilkan mobil konsep perkotaan yang diciptakan oleh Tata Technologies North American Styling Studio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com