Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Avanza dan Innova Exclusive di Bangkok

Kompas.com - 25/03/2011, 19:08 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Di Bangkok International Motor Show 2011 yang berlangsung saat ini, tidak hanya didominasi oleh produk asal Jepang, Thailand, Korea, China, Malaysia dan Eropa, juga ada mobil yang berasal dari Indonesia.

Peserta yang menghadirkan mobil asal Indonesia adalah Toyota, Suzuki, Honda dan Hyundai. Toyota menghadirkan dua model yang sangat akrab dengan masyrakat Indonesia, yaitu Toyota Avanza dan Innova. Khusus Avanza hadir dengan mesin 1,5 liter. Nama yang diberikan adalah Avanza Exclusive. Begitu dengan Innova, Exclusive.

Menurut  Darmawan, Presdir Toyota Astra Motor (TAM), permintaan terhadap Avanza  oleh Toyota terus meningkat. Sedangkan di Indonesia,  Avanza tetap sebagai mobil terlaris.

Produk asal Indonesia lain adalah di booth Suzuki adalah minibus atau MPV APV dan satu lagi versi pikap atau bak terbuka yang diberi nama Carry. Suzuki Swift yang dipamerkan juga berasal dari Indonesia. Sementara itu Bangkok Post mengatakan Suzuki juga akan membuat EcoCar di negara itu tahun depan. Kendaraan tersebut adalah  Swift dengan produksi 10.000 unti per tahun, 90 persen untuk pasar negara sebut.

Produk yang juga berasal dari Indonesia, produk Honda yaitu Freed. Namun Honda memajangnya di bagian belakang. Produsen lain yang memajang mobil yang dibuat dari Indonesia Hyundai, Produsen Korea Selatan ini memamerkan H1 dalam jumlah cukup banyak.

Kendati demikian, selama beberapa hari KOMPAS.com di Bangkok,  tidak banyak ditemukan mobil asal Indonesia ditemukan berseliweran di jalan raya. Freed ditemukan sekali. Paling banyak adalah Innova  yang digunakan sebagai taksi! Ya,  seluruh kendaraan angkutan kecil di Bangkok, termasuk khas negara tersebut, Tuk-Tuk juga ditulis taksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com