Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsche 918 Spyder Hibrida "Plug-In" Dibanderol Rp 8 Miliar

Kompas.com - 21/03/2011, 19:36 WIB

STUTTGART, KOMPAS.com — Porsche hari ini mengumumkan bahwa mereka mulai menjual 918 Spyder Hybrid, yang dijadikan sebagai produksi eksklusif. Eksklusivitas supersport car hibrida plug-in ini terlihat dalam hal jumlah. Jumlah mobil yang akan diproduksi sesuai dengan nomor seri modelnya, yaitu hanya 918 unit. Harga yang ditawarkan Porsche paling murah 645.000 euro atau hampir Rp 8 miliar. Maklum, ini mobil hibrida canggih!

Pengembangan model khusus ini dilakukan Porsche berdasarkan respons peminat yang luar biasa ketika mobil ini dipamerkan di Geneva Motor Show 2010, tahun lalu. 

Kehebatan
Kehebatan lain yang ditawarkan Porsche pada mobil ini adalah konsumsi bensin yang sangat irit untuk kategori supersport car. Dengan mesin V8, berkapasitas 3,8 liter, Porsche meng
klaim bahwa mobil hanya akan menghabiskan 3 liter bensin untuk jarak 100 km. Berarti, konsumsi bahan bakar 33,3 km/liter. Luar biasa!

Kehebatan lain bila dilihat dari tenaga yang dihasilkannya. Dari mesin bensin saja 368 kW atau 500 PS. Sementara itu, dari dua unit motor listriknya, diperoleh tambahan 160 kW atau 218 PS. Nah, bisa dibayangkan, gabungan semua daya itu disatukan untuk menggenjot mobil ini.

Hasilnya juga hebat! Porsche mengklaim, untuk sprint dari 0-100 km, mobil ini hanya butuh waktu 3,2 detik. Kecepatan tertinggi 320 km per jam.

Dengan kemampuan seperti itu, 918 Spyder Hybrid Plug-in diperkirakan mampu melahap satu lap sirkuit Nürburgring Nordschleife dalam 7 menit 3 detik. Sebagai pembanding, Porsche Carrera GT butuhkan 7 menit 32 detik.

Dijelaskan pula, bila hanya menggunakan motor listrik, maka kecepatan tertinggi yang bisa dicapainya adalah 150 km per jam. Jarak tempuh bila hanya mengandalkan energi murni dari baterai hanya 25 km.

Bagi peminat yang tertarik, supersport car eksklusif ini sudah bisa dipesan dari sekarang. Menurut Porsche, pemesan awal akan memperoleh mobil lebih cepat. Diperkirakan, mobil sudah bisa dikirimkan  pada 1 September 2013.

"All-wheel drive"
Porsche menjelaskan, DNA desain 918 Spyder khusus ini adalah Carrera GT dan Porsche 917 RS Spyder. Versi ini menggunakan konstruksi monocoque dengan bodi yang dibuat dari serat karbon dan diperkuat dengan plastik. Fitur tambahan ada pada panel atap yang bisa dibuka dan disimpan di bagasi.  

Untuk memindahkan tenaga mesin, digunakan sistem gerak semua roda (all-wheel drive) dengan kontrol independen untuk menggerakkan kedua as roda.

Penyimpan energi lisrik menggunakan baterai li-ion yang dilengkapi pendingin cair. Untuk mengisinya, bisa langsung dicolokkan ke stop kontak listrik di rumah. Lama pengisian energi untuk tegangan 220 volt, seperti di Jerman, hanya 3 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com