Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Toyota, Honda, dan Nissan Rusak

Kompas.com - 11/03/2011, 17:39 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Gempa yang memicu Tsunami melanda Sendai, Jepang timur, membuat tiga produsen otomotif, yakni Toyota Motor Corporation, Honda Motor Company, dan Nissan Motor Company terkena dampak. Seluruh kegiatan produksi di ketiga produsen tersebut terpaksa berhenti total.

Juru bicara Toyota Motor Corporation (TMC), seperti dilansir bloomberg, Jumat (11/3/2011), mengatakan, seluruh kegiatan produksi Toyota dihentikan di Miyagi Prefecture, terhitung hari ini. Kapasitas pabrik ini mencapai 120.000 unit per tahun dan Toyota tengah memproduksi hatchback Yaris. Kondisi ini membuat TMC langsung menghentikan aktivitas ekspor Yaris, Scion Xb, dan Scion XD ke Amerika Serikat.

Toyota terus mengevakuasi pekerjanya di pabrik yang terkena dampak gempa bumi, termasuk perusahaan mitranya, Kanto Auto Works Limited dan Central Motors Company. "Sampai kini situasi masih bergejolak dan kami masih mengumpulkan informasi terkini," ucap Dion Corbett seperti dilansir autonews, hari ini.

Selain TMC, beberapa pemasok komponen otomotif, termasuk Toyota Boshoku Corporation dan Denso Corporation (produsen komponen otomotif terbesar di Jepang) juga melakukan hal yang sama. Goro Kanemasu, juru bicara Denso Corporation, di Jepang mengatakan, pabrik yang masih dalam proses pembangunan di sebelah selatan Miyagi itu rusak. Namun, semua karyawan pabrik berhasil diungsikan ke lokasi yang aman.

Sementara itu, seorang pria dan wanita karyawan Honda Motor Company dilaporkan tewas di pabrik Tochigi, wilayah Kanto, dekat Utsunomiya. Aktivitas pabrik dihentikan. Di sana Honda memproduksi baterai untuk mobil hibrida serta merupakan pusat penelitian dan pengembangan. Adapun Nissan Motor Company masih mengumpulkan data kerusakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com