Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acura ZDX Special Grammy dengan Cap Penyanyi Kondang

Kompas.com - 12/02/2011, 14:16 WIB

KOMPAS.com — Acara puncak Grammy Award ke-53 berlangsung besok, 13 Februari 2011, di Staples Centre, Los Angeles, Amerika Serikat, dan akan disiarkan secara langsung oleh jaringan CBS Television. Lantas, apa hubungannya dengan dunia otomotif?

Pastinya, Acura, merek mewah Honda yang saat ini secara umum dipasarkan di Amerika Serikat (AS) dan Kanada, ikut ambil bagian sebagai sponsor. Tidak sekadar memberikan dana atau mobil, tetapi juga melelang salah satu produk kebanggaannya, ZDX yang sudah dimodifkasi secara khusus, lantas menyumbangkan buat badan sosial Grammy, MusiCares.

Lelang sudah selesai melalui eBay, tetapi harga terakhir mobil ini belum diumumkan. Hanya disebutkan bahwa harga perdana penawaran dimulai pada 45.000 dollar AS (di bawah harga asli 45.495 dollar AS atau sekitar Rp 410 juta).

Tanda tangan Artis
Acura ZDX adalah sport coupe empat pintu dengan penampilan  "sangat menggiurkan", mengugah selera, dan bisa dikatakan seksi. Mobil ini dirancang oleh studio Acura (juga studio Honda) di California dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

Nah, versi yang dilelang bisa jadi akan menjadi barang koleksi sangat berharga karena langka. Pasalnya, interior mobil dirancang ulang atau dimodifikasi lagi secara khusus oleh Galpin Auto Sport. Jok kulit dan  karpet dibordir dengan logo Grammy, MusiCares, dan simbol yang mengeset audionya, ELS Surround.

Namun yang tak kalah menarik, mobil akan dibubuhi tanda tangan penyanyi yang tampil pada 2010 Person of the Year Gala, yaitu Ben Harper, Lucinda Williams, Jack Black, Jackson Browne, T Bone Burnett, Crosby, Stills & Nash, Sheryl Crow, Everest, Patty Griffin, Josh Groban, Emmylou Harris, Elton John, Norah Jones, Lady Antebellum, k.d. lang, Dave Matthews, John Mellencamp, Ozomatli, Red Hot Chili Peppers, Leon Russell, James Taylor, dan Wilco.

Audio pemenang Grammy
Masih di interior, untuk menikmati kualitas suara yang dahsyat dan jernih, audio Acura ZSZX buatan 2010 ini juga disetel lagi oleh produsen sekaligus insinyur yang beberapa kali mendapat Grammy, Elliott Scheiner. Kehebatan audio segmen premium ini adalah ELS Surround 435 watt dengan 10 speaker. Di lain hal, agar penampilannya gagah, ban standar ZDX 19 diganti dengan ban 20 inci.

Mesin
Mesin tidak disentuh dan tetap standar. Mesin SOHC yang digunakan oleh Acura ZDX adalah V6, berkapasitas 3,7 Liter, dan sudah pasti ditanamkan teknologi mesin khas Honda, yaitu i-VITEC. Kemampuan menghasilkan tenaga 300 PS @ 6.300 rpm dan torsi 366 Nm (37 kg-m) @ 4.500 rpm.

Seperti mobil masa kini, untuk mengatur kecepatan, pedal menggunakan teknolgi drive by wire (DBW). Mesin Acura ini kepala silidernya dibuat dari campuran magnesium dengan selongsong silinder diperkeras dengan aluminium.

Keempat rodanya menggunakan rem cakram dengan anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan  brake assist. Untuk memperoleh stabilitas, dipasang pula teknologi khas Honda, yaitu Vehicle Stability Assist(VSA®).

Interiornya dilapisi kulit dengan jok bergaya sport dengan pemanas. Di dalam disediakan pula ventilasi, sistem navigasi, voice recognition, serta sistem komunikasi dengan satelit yang bisa langsung memantau kondisi lalu lintas dan cuaca.

Tambahan lain adalah kamera untuk melihat kondisi di belakang mobil, collision mitigating braking system, active cruiser control, dan sistem informasi untuk bagian yang tidak terlihat (blind spot). Dimensi mobil: panjang, lebar, tinggi dan jarak sumbu roda adalah 4.887, 1.995, 1.596, dan 2.750 mm. Dimensi yang membuat penumpangnya sangat nyaman!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com