Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Mulai Alih Teknologi ke Indonesia

Kompas.com - 12/02/2011, 11:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Nissan kini memandang Indonesia sebagai salah satu pasar potensial di Asia Tenggara setelah Thailand. Buktinya, PT Nissan Motor Indonesia berkomitmen akan mendirikan pusat riset dan pengembangan yang rencananya akan dimulai tahun ini.

Pusat riset dan pengembangan di Indonesia ini memang tak sebesar atau secanggih milik Nissan di China. Namun Teddy Irawan, Wakil Presiden Direktur National Sales and Promotion PT Nissan Motor Indonesia (NMI), memastikan langkah tersebut menunjukkan komitmen Nissan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pijakan utamanya di ASEAN.

"Dengan adanya pusat riset dan pengembangan ini, kami berharap bisa meningkatkan efisiensi pengembangan produk-produk Nissan di Indonesia. Selama ini harus ke Thailand dahulu," ujar Teddy. Pusat riset dan pengembangan Nissan di Indonesia diharapkan bisa meningkatkan kandungan lokal kendaraan yang dirakit di Indonesia.

Takayuki Kimura, Presiden Direktur PT NMI, menambahkan, investasi yang disiapkan untuk  pusat riset dan pengembangan tak lebih dari Rp 10 miliar. "Investasi terbesar justru pada pengembangan sumber daya manusia. Kami mulai merekrut beberapa lulusan terbaik dari ITB (Institut Teknologi Bandung) dalam waktu dekat," tutur Kimura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com