Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Lampu Kabut di Mazda2

Kompas.com - 09/02/2011, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fog lamp atau lampu kabut, sebetulnya bukan hanya digunakan saat berkabut atau hujan. Saat perjalanan malam hari pun sangat membantu, terutama untuk menerangi jalan (bagian depan bemper) yang tidak tercover lampu utama, juga kala menerabas jalan kecil.

Kecil memang ukuran lampunya, tapi pencahayaannya sangat membantu karena menggunakan jenis bohlam tipe H1, H3, HB4 atau bahkan H11. Untuk dua tipe terakhir, bohlamnya lebih awet.

Nah, biasa pada mobil baru, ada yang sudah dilengkapi lampu kabut dan tidak, tapi tersedia rumahnya. Seperti pada Mazda2 tipe S yang ingin pasang lampu kabut seperti dilakukan Willy (anggota dari M2Unity) yang memasang produk Esuse seharga Rp1 juta, sudah termasuk wiring set, switch dan cover bumper fog.

Untuk pemasangan produk impor dari Taiwan ini harus memotong plastik di bemper untuk dudukan lampunya. Inilah langkah-langkahnya (yang mungkin bisa diterapkan pada mobil lain)

1. Lepas bemper depan 2. Potong plastik (sebelah kiri dan kanan) yang sudah tersedia di ujung bemper sebagai dudukan lampu 3. Setelah terlepas, pasang rumah lampu kabut pada dudukan (3) yang sudah tersedia 4. Pasang kabel set dilanjutkan dengan pasang switch yang diletakkan di bawah kisi-kisi A/C sebelah kanan 5. Setelah semua selesai dan pastikan lampu menyala, baru pasang kembali bemper. Jangan lupa pasang cover lampu kabut saat tidak difungsikan agar terhindar dari "tembakan batu" roda kendaraan di depan. (Aries A.P.)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com