Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yaris HSD dan Prius Nongol di Geneva

Kompas.com - 06/02/2011, 08:18 WIB

GENEVA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) mengandalkan dua jagoan utama, yakni konsep Yaris Hybrid Synergy Drive (HSD) dan Prius+ di ajang Geneva Motor Show, Maret 2010. Kepastian partisipasi dihembuskan prinsipal dengan menampilkan gambar "teaser" hatchback tersebut melalui situs blog Toyota (jamestoyota.net, 4/2).

Yaris HSD sebagai antisipasi Toyota untuk segemen B tampil dengan desain mirip Vitz (nama lain dari Yaris) yang baru diluncurkan di Jepang, akhir Desember 2010. Perbedaan tampak pada desain lampu utama lebih sipit dengan dua proyektor dan di bagian atas dikasih LED. Begitu juga desain gril serta pada ujung kap mesin ada ruang masuk udara (air scoop).

Toyota sepertinya sengaja membocorkan gambar ini ke dunia maya guna menangkap animo konsumen sebelum unit muncul. Supaya makin penasaran, prinsipal tak memberikan keterangan apapun terkait gambar Yaris HSD. Satu hal yang pasti, kemunculan Yaris Hibrida di pasar akan diposisikan menantang Jazz hibrida di segmen B-car yang sudah dipasarkan Honda sejak tahun lalu.

Selain itu, Toyota juga menampilkan multi purpose vehicle (MPV) Prius yang diperkenalkan perdana di ajang Detroit Auto Show, Januari 2011. Bedanya, Prius kini sudah punya nama pasti (Prius +) sekaligus menjadi 7-seater hibrida pertama di dunia.

Kemunculan produk ini menunjukkan strategi Toyota ke depan yang menyatakan akan mengubah seluruh line-up menggunakan teknologi hibrida. Yaris Hibrida kabarnya baru dipasarkan 2012 dengan kombinasi mesin konvensional 1,3 liter yang digunakan Auris dengan motor listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com