Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asosiasi Otomotif di Amerika Pakai Nama Baru AGA

Kompas.com - 24/01/2011, 16:10 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Asosiasi industri otomotif  di Amerika AIAM (Association of International Automobile Manufacturers) beranggotakan 15 merek asal luar Amerika Serikat ganti nama jadi AGA (Association of Global Automakers). Alasannya, karena perekonomian AS dan negara lain mulai terintegrasi menjadi satu kesatuan besar.

Annemarie Pender, juru bicara AGA mengatakan, "Kita hidup di ekonomi global. Ini merupakan gambaran paling tepat, tentang siapa kami dan seperti apa anggota kami." Beberapa merek yang tergabung dalam AGA antara lain, Toyota, Honda, Nissan, Hyundai dan Kia. Dari Eropa terdapat perwakilan Maserati, Ferrari dan Aston Martin.

AGA dipimpin Michael Stanton sejak 2006 dan merupakan asosiasi yang dibentuk sebagai penasihat perdagangan bebas di AS. Dalam kesempatan ini, organisasi berupaya melobi senator AS untuk mendukung rencana kerjasama ekonomi AS - Korea Selatan yang tengah digodok. Situs resmi asosiasi mulai aktif Februari 2011 dengan alamat: globalautomakers.org sekaligus menjadi tempat berintraksi pemegang kepentingan.

Asosiasi ini pertama kali terbentuk dengan nama Automobile Importers of America pada 1975 dan berubah menjadi AIAM pada 1990. Markasnya pun juga pindah dari Virginia ke Washington, mungkin supaya aspiarasinya lebih dekat ke "telinga" pemerintah AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com