Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Siapkan MPV Khusus Indonesia

Kompas.com - 13/01/2011, 16:48 WIB

CHENNAI, KOMPAS.com - Pengujung Desember 2010, Nissan menyatakan mulai menyiapkan "adik" Micra (March) di India. Berita berikutnya,  Nissan juga menyiapkan  dua model baru  untuk mengisi segmen di bawah global compact car. Keduanya diberi label kode K2 dan I2.

Tujuan Nissan adalah siap head-to-head dengan penguasa pasar India, Maruti Suzuki yang mendominasi segmen city car. K2 akan dikembangkan menggunakan platform Micra lama dengan sentuhan desain moderen baik interior maupun ekterior.

Sedangkan K2 dibekali mesin yang juga digunakan Micra, 3-silinder 1,2 liter akan menantang Wagon R yang diluncurkan versi terbarunya Desember 2012. Harganya diprediksi 3,5 lakhs (Rp 70,1 juta).

Nissan menawarkan K2 dengan dua pilihan, model pendek dan panjang. Dengan ini bisa diekspor. Diberitakan pula, Nissan juga mengembangkan K2 khusus mengisi segmen multi purpose vehicle (MPV) di Indonesia. Namun  ada kabar kapan  diluncurkan. Kemungkinan   kemungkinan awal 2013.

Model kedua, I2 akan "berseteru" dengan Suzuki Alto. Saat ini I2 tengah dikembangkan oleh Defiance Testing and Engineering, usaha gabungan Nissan dengan mitra lokal Ashok Leyland. I2 lebih cepat diluncurkan ketimbang K2 juga pada 2012. Harganya 2,5 lakhs atau Rp 50 juta per unit.

Belum ada konfirmasi resmi dari Nissan tentang rencana ini. Kalau lancar, Nissan akan bersaing dengan Avanza dan Xenia mengisi segmen MPV termurah dan pasar terbesar di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com