Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford C-Max Hybrid dan Energi buat 2012

Kompas.com - 10/01/2011, 19:11 WIB

DETROIT, KOMPAS.com - Di ajang North American International Auto Show (NAIAS) 2011, Ford, selain memperkenalkan minivan mikni Blue Oval, juga menampilkan C-Max Energi dan C-Max Hybrid. Kemunculan dua model baru itu menandakan bahwa era Ford C-Max - yang terakhir dengan pintu sliding dan tiga baris - tidak hanya berakhir sampai mesin bensin.

Hanya, dari segi desain, C-Max Energi dan Hybrid agak beda dengan Blue Oval. Untuk interior hanya dilengkapi dengan lima jok dan pintu belakang konvensional masih menggunakan engsel di depan (pilar B). Sama seperti C-Max sasis pendek yang dipasarkan di Eropa.

C-Max Hybrid dijadikan sebagai generasi berikut dari Blue Oval dengan teknologi penggerak kombinasi mesin bensin/listrik. Konsumsin bahan bakarnya 41 mile per gallon dengan kecepatan tertinggi 70,5 km per jam.

Cerita paling menarik, C-Max Energi dengan tenaga penggerak hybrid plug-in, meski teknologinya tidak seperti Chevrolet Volt. Tapi dengan dua baterai untuk dukung motor dan mesin dari Atkinson-cycle, pengendara bisa menempuh jarak lebih 750 km. Dengan bantuan sofware MyFord Mobile bisa dipantau kapan baterai Energi harus diisi lagi.

Kedua model ini akan dibangun di pabrik Ford di Michigan mulai 2012. Sedang untuk pasar Eropa dimulai 2013 diproduksi di Valencia, Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com