Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JaFM yang Seram Berkerangka Gambot

Kompas.com - 05/01/2011, 16:33 WIB

CALIFORNIA, KOMPAS.com - MotoMorphic (MM), rumah modifikasi di California,  menyebut karya mereka yang diberi nama JaFM ini sebagai "sepeda motor paling radikal, tapi bisa dikendarai". Juga merupakan manifestasi fisik dari filsafat MotoMorphic. Bahwa sepedamotor itu tak cukup terlihat ekstrem, tapi juga harus nyaman dikendarai di jalan sempit, tol maupun kompleks.

Tongkrongan JaFM cukup unik, perpaduan streetfighter, mobil otot Amerika dan pesawat tempur. Lebih unik lagi, kedua roda pakai ban gambot dengan ukuran aneh, termasuk juga mesinnya.

"Ada beberapa keunikan pada JaFM, tapi tidak mengganggu kenikmatan berkendara," ujar sumber dari MotoMorphic. Seperti tapak roda depan yang lebih lebar dari belakang, tujuannya agar posisi motor tetap berdiri ketika dilakukan pengereman depan.

Cerobong raksasa Paling aneh, desain setangnya mirip sepeda balap. Di bagian kanannya ada kotak (dekat grip gas) sebagai indikator kecepatan, putaran mesin dan lainnya.

Trus, ada rongga udara cukup besar di bagian tengah setang yang menjulur ke bawah sampai ujung sadel depan. Fungsinya, menyalurkan angin ke mesin dan sekalian sebagai pegangan lampu utama (depan). Cerobong angin ini mirip pada mobil-mobil Hot Rod Amerika.

Keanehan lainnya, perhatikan di bawah cerobong angin ada semacam tabung membentuk hurup "U" menyamping yang ujungnya bagian bawah menyatu dengan lempengan pelat. Itu kerangka terbuat dari pipa aluminium ukuran 6 inci yang berfungsi sebagai tangki bahan bakar berkapasitas 6,5 gallons.

Tengok model lengan ayun model ganda yang menggunakan pipa aluminium berdiameter 3 dan 2 inci. Sementara tabung knalpot berada di bawah mesin dan ujungnya berada di bawah ujung kaki.

Terakhir, teknologi mesin Teutonic V990 60 derajat V-Twin berkapasitas 998 cc, empat katup per silinder, dual overhead cam per silinder bikinan Rotax. Gigi persneling 6-percepatan dengan slipper clutch. Tenaga yang dihasilkan 110 HP dengan torsi 95Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com